Kemnaker Berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi untuk Cetak SDM Unggul

Kemnaker Berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi untuk Cetak SDM Unggul
Anwar membuka forum komunikasi perguruan tinggi ketenagakerjaan di Jakarta pada Kamis (27/1). Foto: Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi menyatakan, perguruan tinggi berperan besar dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan responsif.

Peran tersebut akan berjalan baik dan selaras jika diimbangi dengan kolaborasi antara pemerintah dan perguruan tinggi saat ini.

Menurut Anwar, dalam penyiapan SDM unggul, pemerintah membutuhkan bantuan dari perguruan tinggi guna menghasilkan kebijakan efektif yang sesuai dengan kondisi ketenagakerjaan di lapangan.

Hal ini disampaikan Anwar dalam membuka forum komunikasi perguruan tinggi ketenagakerjaan di Jakarta pada Kamis (27/1).

Dalam mengimplementasikan kebijakan di sektor ketenagakerjaan, pemerintah dituntut untuk membuat tiga hal.

Yakni, memproduksi regulasi, mengeksekusi dan mengawal regulasi tersebut agar bisa dijalankan, serta melakukan pengawasan dan pembinaan agar kebijakan tersebut bisa dijalankan.

"Untuk menyinkronkan ini semua, perlu ada jembatan yang kokoh untuk menyatukan dua aktor utama. Yakni, Kemnaker dan perguruan tinggi dalam menyiapkan SDM yang unggul dan responsif," jelas Anwar.

Dia menyebut dua aktor utama ini sebagai dua simpul. Jika dipertemukan, keduanya bisa mengantarkan Indonesia sebagai kekuatan emas menjadi negara besar keempat pada 2045.

Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi mendorong perguruan tinggi untuk berperan dalam mencetak sumber daya manusia yang unggul dan responsif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News