Kemnaker dan Rumah Sakit Bersinergi Terapkan Layanan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Kemnaker dan Rumah Sakit Bersinergi Terapkan Layanan Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Direktur Jenderal Binwasnaker & K3 Kemnaker Haiyani Rumondang saat berbicara dalam acara 'Sinergitas Layanan Balai K3 Medan Dalam Rangka Mendukung Implementasi K3' di Rumah Sakit di Medan, Kamis (14/12). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, MEDAN - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mendorong peningkatan peran dan kolaborasi Balai K3 Medan dan Balai K3 lainnya untuk bersinergi mendukung penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di rumah sakit.

Direktur Jenderal Binwasnaker & K3 Kemnaker Haiyani Rumondang berharap rumah sakit dapat bekerja sama dengan Balai K3 dalam melaksanakan pemenuhan syarat K3.

"Diterapkannya K3, maka rumah sakit akan dapat meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, sekaligus memberikan perlindungan kepada pekerja dan seluruh orang yang ada di rumah sakit, baik dari kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja maupun penularan penyakit lain," kata Dirjen Haiyani dalam acara 'Sinergitas Layanan Balai K3 Medan Dalam Rangka Mendukung Implementasi K3' di Rumah Sakit di Medan, Kamis (14/12).

Dirjen Haiyani menyebutkan sebanyak 20 rumah sakit menerima penghargaan nihil kecelakaan kerja atau zero accident, 18 rumah sakit menerima penghargaan Pencegahan dan Penanggulangan HIV-AIDS di Tempat Kerja (P2HIV-AIDS), dan 6 rumah sakit menerima penghargaan SMK3.

Dia menilai data penghargaan K3 tahun 2023 tersebut membuktikan implementasi K3 di rumah sakit bukanlah hal menyulitkan, namun justru menjadi kebutuhan.

Dirjen Haiyani berharap ke depan semakin banyak rumah sakit menerapkan K3 dan memperole penghargaan K3.

"Saya juga berharap akan banyak rumah sakit di Sumatera Utara mendapatkan penghargaan K3 sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap implementasi K3 di rumah sakit," ujarnya.

Dia berpendapat rumah sakit harus mengelola K3 karena rumah sakit adalah sebagai industri padat modal, padat teknologi dan padat karya.

Dirjen Haiyani berharap rumah sakit dapat bekerja sama dengan Balai K3 Kemnaker dalam melaksanakan pemenuhan syarat Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News