Kemnaker Komitmen Tingkatkan Perlindungan bagi Pekerja Sektor Perikanan

Kemnaker Komitmen Tingkatkan Perlindungan bagi Pekerja Sektor Perikanan
Sekjen Anwar Sanusi menyampaikan komitmen Kemnaker meningkatkan perlindungan bagi pekerja sektor perikanan di acara ILO Work in Fishery Consultation Meeting secara virtual, Rabu (23/3). Foto: Dokumentasi Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Sektor perikanan dan pengolahan hasil laut telah memberikan sumbangan besar bagi perekonomian Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi menyampaikan pemerintah telah berkomitmen akan terus meningkatkan pelindungan bagi pekerja di dua sektor tersebut.

Terkait hal itu, Kemenaker bekerja sama dengan kementerian dan lembaga terkait lainnya.

"Ini untuk memastikan dan meningkatkan perlindungan bagi para pekerja," kata Sekjen Anwar Sanusi di acara ILO Work in Fishery Consultation Meeting secara virtual, Rabu (23/3).

Sekjen Anwar juga menyampaikan untuk memperkuat komitmen ini pihaknya juga menggelar agenda Pertemuan National Program Advisory Committee (NPAC) Ship to Shore Rights South East Asia Program.

Program ini hasil kerja sama dengan ILO, IOM, UNDP, serta mendapat dukungan Uni Eropa.

Program ini, jelas Anwar Sanusi, ditujukan untuk membantu mitra di Indonesia untuk memperkuat sektor perikanan dan pengolahan hasil laut.

Program tersebut juga menekankan pada aspek pengembangan migrasi tenaga kerja yang aman dan terorganisir, peran serta asosiasi pengusaha di sektor perikanan dan pengolahan, serta pemberdayaan kelompok masyarakat sipil dan serikat pekerja.

Sekjen Anwar Sanusi menyampaikan komitmen Kemnaker meningkatkan perlindungan bagi pekerja sektor perikanan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News