Kemnaker Minta Pemerintah Desa Fokus Tingkatkan SDM yang Berkompeten

Kemnaker Minta Pemerintah Desa Fokus Tingkatkan SDM yang Berkompeten
Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi saat membuka Sosialisasi Pelatihan Vokasi dan pemagangan bagi Assosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI), di Bekasi, Jawa Barat, Minggu (28/11). Foto: dok Kemnaker

jpnn.com, BEKASI - Kementerian Ketenagakerjaan meminta agar perangkat desa di Indonesia untuk terus meningkatkan sumber daya manusia (SDM) bagi masyarakat melalui pelatihan kerja berbasis kompetensi maupun sistem pemagangan.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi saat membuka Sosialisasi Pelatihan Vokasi dan pemagangan bagi Assosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI), di Bekasi, Jawa Barat, Minggu (28/11).

"Saya mengajak yang hadir acara ini agar fokus pembangunan desa, tidak hanya sekadar infrastruktur sarana dan prasarana, melainkan kompetensi SDM perlu ditingkatkan," ujar Anwar.

Dia mengatakan, untuk meningkatkan kompetensi masyarakat desa tersebut, telah dilakukan Nota Kesepahaman bersama antara Kemenaker dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

Mereka akan melakukan sinergi Program Penumbuhan dan Pengembangan Kewirausahaan dalam rangka Pengurangan Pengangguran dan Peningkatan Perekonomian Berbasis Desa.

Tiga Kementerian tersebut sepakat untuk melakukan kerja sama dalam ruang lingkup penumbuhkembangan kewirausahaan pedesaan di antaranya pengembangan SDM unggul pedesaan, pengembangan perekonomian perdesaan, dan integrasi data dan informasi terkait dengan pengembangan ekonomi desa.

Dia berharap para kepala desan melakukan identifikasi kebutuhan pelatihan kerja bagi warga desanya masing-masing dan mengalokasikan Dana Desa agar masyarakat desa bisa berpartisipasi.

"Kami harapkan masyarakat bisa mengikuti pelatihan kerja di berbagai Balai Latihan Kerja Pemerintah," kata Anwar.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) meminta agar perangkat desa di Indonesia untuk terus meningkatkan sumber daya manusia (SDM) bagi masyarakat melalui pelatihan kerja berbasis kompetensi maupun sistem pemagangan.