Kemnaker, Perason Vue, dan Certiport Teken Kerja Sama untuk Sertifikasi Profesi

Kemnaker, Perason Vue, dan Certiport Teken Kerja Sama untuk Sertifikasi Profesi
Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bersama Pearson Vue dan Certiport membuka peluang kerja sama terkait sertifikasi profesi di Indonesia. Foto: dok Kemnaker

jpnn.com, BALI - Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor mengatakan bahwa Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bersama Pearson Vue dan Certiport membuka peluang kerja sama terkait identifikasi skills gaps dan sertifikasi profesi di Indonesia.

Menurut dia, pihaknya menyambut baik penyampaian usulan kerja sama dari Pearson Vue dan Certiport.

"Pertemuan hari ini diharapkan dapat menjadi langkah awal kerja sama antara Kemnaker dengan Pearson Vue dan Certiport," kata Wamenaker Afriansyah saat menerima audiensi Certiport di Bali, Sabtu (25/3).

Dia mengatakan tantangan dan peluang peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia di Indonesia.

Tantangan yang dimaksud, yaitu tenaga kerja informal masih mendominasi, penduduk terdampak Covid-19, dan disrupsi teknologi digital yang ditandai revolusi industri 4.0.

Adapun peluang yang dimiliki, yakni Indonesia akan mencapai puncak bonus demografi pada tahun 2030.

Selain itu, kata dia, terciptanya lapangan pekerjaan yang bisa diisi oleh SDM Indonesia melalui proyek-proyek prioritas nasional.

"Dalam menjawab tantangan dan peluang tersebut, kami perlu SDM yang unggul dan berdaya saing," ucap Wamenaker.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bersama Pearson Vue dan Certiport membuka peluang kerja sama terkait sertifikasi profesi di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News