Kemnaker Sebut Indonesia Dorong Dialog Sosial dan Tripartisme Masuk Program Pembangunan PBB

Kemnaker Sebut Indonesia Dorong Dialog Sosial dan Tripartisme Masuk Program Pembangunan PBB
Indonesia mewakili negara di kawasan Asia Pasifik/Asia Pacific Group (ASPAG) menyampaikan dukungan terhadap reformasi PBB. Foto: Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia mewakili negara di kawasan Asia Pasifik/Asia Pacific Group (ASPAG) menyampaikan dukungan terhadap reformasi PBB.

Plt. Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Tri Retno Isnaningsih mengatakan, hal itu merupakan bentuk dukungan untuk mendorong dialog sosial dan tripartisme menjadi bagian dari sistem pembangunan PBB (UN Development System).

Dukungan ini disampaikan Indonesia dalam pertemuan Governing Body International Labour Organization (GB ILO) sesi ke-341 yang diselenggarakan di Jenewa, Swiss, Senin (22/3) waktu setempat.

"Reformasi PBB merupakan kesempatan bagi ILO untuk mempromosikan dialog sosial dan tripartisme ke dalam United Nations Development System," ujar dia saat membacakan draft ASPAG secara virtual di Jakarta, Selasa (23/3).

Retno mengungkapkan ada empat potensi keterlibatan ILO dalam proses reformasi PBB.

Pertama, kata dia, mendorong ILO meningkatkan kontribusi dalam UN Development System agar dapat memberikan dukungan koheren dan konkret untuk mencapai Pembangunan Berkelanjutan.

"Hal ini disesuaikan dengan rencana dan strategi pembangunan nasional masing-masing negara anggota," kata dia.

Kedua, lanjut Retno, meminta ILO terus berperan aktif merekstrukturisasi sistem pembangunan PBB di tingkat regional berdasarkan wilayah.

Indonesia mewakili negara di kawasan Asia Pasifik/Asia Pacific Group (ASPAG) menyampaikan dukungan terhadap reformasi PBB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News