Kemnaker Terus Tingkatkan Kompetensi TKM Jadi Penyedia Lapangan Kerja

Kemnaker Terus Tingkatkan Kompetensi TKM Jadi Penyedia Lapangan Kerja
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat membuka Festival Tenaga Kerja Mandiri 2023 yang berlangsung di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu (11/3). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA PUSAT - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menegaskan pemerintah tidak akan pernah berhenti memfasilitasi peningkatan kompetensi para tenaga kerja mandiri (TKM) agar memiliki daya juang tangguh, berdaya saing, dan mampu menjadi penyedia lapangan kerja secara berkelanjutan.

Penegasan ini disampaikan Menaker Ida Fauziyah saat membuka Festival TKM 2023 yang berlangsung di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu (11/3).

Festival yang mengusung tema Perempuan Mandiri untuk Peradaban Indonesia itu berlangsung pada 11-12 Maret 2023.

"Kita semua diharapkan mampu menciptakan ekosistem kewirausahaan yang baik. Ini tanggung jawab yang membutuhkan keterlibatan semua pihak, dan yakinlah kontribusi kecil kita ini akan memberikan dampak luar biasa bagi pengembangan TKM," kata Menaker Ida Fauziyah saat menyampaikan sambutan.

Menaker Ida mengemukakan pihaknya terus melakukan dialog sosial dengan pengusaha agar ketersediaan lowongan kerja di sektor formal tetap stabil dan inklusif.

Sementara pada sektor informal, dia mengungkapkan Kemnaker telah melakukan langkah dalam bentuk stimulant pemberian bantuan usaha, salah satunya adalah bantuan bagi kelompok TKM yang termasuk Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM).

"Saya tidak memungkiri, bahwa sektor UMKM bukan hanya sektor penahan bagi perekonomian nasional, namun justru menjadi pilar penting dalam pemulihan ekonomi Indonesia melewati krisis," ungkapnya.

Mantan anggota DPR itu menambahkan dalam menciptakan wirausaha yang dapat menyeraptenaga kerja secara masif, produktif dan berkelanjutan, program TKM tentunya perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak.

"Kita semua memiliki peran penting dalam mengurangi angka pengangguran di Indonesia melalui penciptaan usaha yang memberikan kontribusi ekonomi bagi diri sendiri, masyarakat, bahkan skala nasional,"pungkasnya. (mrk/jpnn)

Menaker Ida Fauziyah memastikan pemerintah melalui Kemnaker terus tingkatkan kompetensi TKM menjadi penyedia lapangan kerja


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News