Kemnaker Wujudkan Reformasi Birokrasi Melalui GNSTA

Kemnaker Wujudkan Reformasi Birokrasi Melalui GNSTA
Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA). Foto: Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan melakukan pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA). guna mewujudkan kearsipan yang mampu mendukung program reformasi birokrasi.

Pencanangan diwujudkan melalui penandatanganan komitmen GNSTA oleh seluruh pejabat tinggi madya Kemnaker dengan disaksikan oleh Plt. Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), M. Taufik dan Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (KemenpanRB) Tin Zuraida.

Dalam kesempatan ini dilakukan juga penyerahan arsip statis Kemnaker secara simbolis kepada Kepala ANRI M Taufik dan penyerahan piagam penghargaan dari PT ANRI kepada Sekjen Kemnaker Khairul Anwar.

BACA JUGA: Kolaborasi Tiga Negara Perkuat Informasi Pasar Kerja dan Pengakuan Kompetensi Keterampilan

Dalam sambutannya, Sekjen Khairul Anwar mengatakan seluruh pejabat menandatangani komitmen pengelolaan arsip secara baik, merupakan momentum untuk bersama-sama mulai bergerak melakukan pengelolaan arsip yang tertib dan akuntabel karena arsip merupakan salah satu indikator dalam penilaian reformasi birokrasi.

Khairul mengatakan saat ini pihaknya terus melakukan hal-hal untuk meningkatkan kinerja Kemnaker. Misalnya sekarang ini melalui pengelolaan arsip. Jika sebelumnya, menilai masalah arsip sebagai hal tidak terlalu penting, hanya sebatas dokumen. Padahal sesungguhnya arsip memiliki nilai luar bisa.

BACA JUGA: BBPLK Medan Dukung Pengembangan Pariwisata Danau Toba

"Selama ini kita tidak aware, memperhatikan pengelolaan arsip. Ternyata arsip punya nilai dokumen luar biasa. Dari sinilah, bisa dijadikan data/informasi untuk evaluasi apa saja yang sudah kita lakukan selama ini dan bagaimana kita melakukan ke depan terkait kebijakan yang perlu dilakukan Kemnaker," katanya Khairul Anwar di Ruang Serbaguna Kemnaker, Jakarta, Selasa (30/7)

Kemnaker melakukan pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA). guna mewujudkan kearsipan yang mampu mendukung program reformasi birokrasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News