Kemunculan GMC dan GP Mania Berpotensi Tingkatkan Elektabilitas Ganjar

Kemunculan GMC dan GP Mania Berpotensi Tingkatkan Elektabilitas Ganjar
Elektabilitas Ganjar Pranowo dinilai akan meningkat. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah sukarelawan mulai bermunculan menyuarakan dukungan kepada tokoh yang dianggap layak menjadi presiden periode 2024-2029.

Salah satunya dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Sejauh ini sudah ada Ganjar Milenial Center (GMC) dan sukarelawan Ganjar Pranowo (GP) Mania yang mendeklarasikan dukungan di Jawa Barat.

Pengamat politik dari Universitas Padjadjaran Firman Manan menilai kemunculan sukarelawan ini merupakan sesuatu yang wajar.

"Munculnya sukarelawan dari para tokoh, wajar saja karena pilpres semakin dekat," ujar Firman ketika dihubungi, Selasa (22/2).

Firman menilai memang perlu dilakukan deklarasi sukarelawan pendukung Ganjar di Jabar. Sebab, suara di Jabar dianggapnya sangat mempengaruhi untuk bisa memenangkan Pilpres 2024.

"Jabar ini merupakan daerah pertarungan saat pilpres nanti, di mana hampir 17,5 persen pemilih di Jabar jika merujuk DPT (daftar pemilih tetap) 2019 lalu sebanyak 33 juta pemilih," jelasnya. 

Selain potensi pemilih, sukarelawan Ganjar juga harus meyakinkan masyarakat di Jabar dengan karakter masih swing voters (massa mengambang). 

Kemunculan para sukarelawan, seperti GMC dan GP Mania dinilai berpotensi meningkatkan elektabilitas Ganjar Pranowo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News