JPNN.com

Kenali 5 Khasiat Serai untuk Menjaga Kesehatan

Rabu, 30 Januari 2019 – 21:01 WIB
Kenali 5 Khasiat Serai untuk Menjaga Kesehatan - JPNN.com

jpnn.com - Serai memang kerap digunakan ibu rumah tangga sebagai penyedap masakan karena dapat menambah wangi dan cita rasa pada masakan.

Tapi tahukah Anda bila serai juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan? Serai sebetulnya memiliki sumber-sumber vitamin dan gizi seperti vitamin A dan C, asam folat, magnesium, zat besi, kalium, fosfor dan kalsium.

Tidak hanya vitamin dan energi saja, serai juga memiliki sifat antibakterial yang menguntungkan, antara lain analgesik, anti-inflamasi, antidepresan, antipiretik, antiseptik, antibakteri, antijamur, zat karminatif, diuretik dan insektisida. Daun, batang dan umbi serai sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat kesehatan dari serai, seperti dilansir laman Care2, Selasa (29/1).

1. Antikanker

Penelitian dalam International Journal of Oncology menemukan bahwa minyak atsiri serai menunjukkan efektivitas anti kanker terhadap kanker paru-paru, ketika digunakan sendiri atau bersama dengan perawatan onkologi lainnya.

2. Track urinary soother

Serai banyak digunakan oleh praktisi kesehatan alami untuk kapasitas penyembuhan saluran kemih. Buat teh serai dengan memotong satu hingga dua tangkai serai dan tambahkan ke dalam satu liter air dan didihkan selama setidaknya 45 menit. Saring dan minum tiga cangkir teh serai setiap hari untuk mengatasi infeksi saluran kemih atau sebagai bagian dari strategi meluruhkan batu ginjal yang lebih besar.

3. Penangkal nyamuk

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
jlo