Kenali 5 Tanda Anda Kekurangan Kalori

Kenali 5 Tanda Anda Kekurangan Kalori
Badan lemas (ilustrasi). Foto: Volodymyr-Melnyk/123rf

jpnn.com - Kalori merupakan satuan pengukuran energi dalam makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Energi tersebut dibutuhkan untuk tetap hidup dan semua organ berfungsi baik.

Akan tetapi, untuk menjaga keseimbangan berat badan dan kelancaran metabolisme tubuh, diperlukan asupan kalori yang seimbang, sesuai dengan kebutuhan setiap individu.

Sebagai panduan, rata-rata pria dewasa membutuhkan sekitar 2.500 kkal (10.500 kJ) sehari untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Adapun wanita rata-rata butuh 2.000 kkal (8.400 kJ) sehari.

Nilai ini dapat bervariasi, tergantung pada usia, berat badan, dan tingkat aktivitas fisik, dan faktor-faktor lainnya.

Di lain sisi, terdapat dua permasalahan yang berhubungan erat dengan kalori, yaitu asupan kalori berlebihan dan kurangnya asupan kalori dari kebutuhan.

Walaupun dunia kini mengalami peningkatan angka obesitas yang berhubungan dengan makan berlebih, asupan  kalori yang tidak cukup juga perlu mendapat perhatian.

Tanda Kekurangan Kalori

Mengapa hal tersebut menjadi penting? Akibat kekurangan kalori dalam jangka panjang dapat menyebabkan sejumlah masalah, seperti kesehatan mental, fisik, dan emosional. Untuk itu, perhatikan beberapa tanda kekurangan kalori berikut.

1. Merasa Lemas dan Tidak Berenergi

Akibat kekurangan kalori dalam jangka panjang dapat menyebabkan sejumlah masalah, seperti kesehatan mental, fisik, dan emosional. Untuk itu, perhatikan beberapa tanda kekurangan kalori berikut.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News