Kenali Penyakit dari Warna Gusi

Kenali Penyakit dari Warna Gusi
Kenali Penyakit dari Warna Gusi
SEKELOA - Masyarakat awam sebenarnya bisa mengenali berbagai penyakit di tubuhnya sendiri sejak dini. Caranya, dengan melakukan identifikasi penyakit melalui warga gusi. Sebab, warna gusi dapat memberikan indikator seseorang terserang penyakit sistemik, bahkan seperti HIV/AIDS hingga kanker dari jaringan penampang gigi itu.

"Gusi memang salah satu indikator penyakit akut, salah satunya HIV dan kanker," kata Grace V Gumuruh, Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) FKG Unpad bulan kesehatan gigi di RSGM, Jumat (16/7).

Pemeriksaan penyakit sistemik itu sendiri, kata Grace, umumnya dilakukan oleh kalangan dokter spesialis dengan pemeriksaan intensif. Meski demikian, seiring berjalannya ilmu kedokteran, dokter gigi menjadi sering dilibatkan karena riset menunjukan jika beberapa penyakit mulanya terlihat dari warna gusi.

"Untuk pemeriksaan lanjutan memang harusnya ke dokter, tapi masyarakat awam juga bisa memeriksanya sendiri dengan mengamati warna gusi," katanya lagi.

SEKELOA - Masyarakat awam sebenarnya bisa mengenali berbagai penyakit di tubuhnya sendiri sejak dini. Caranya, dengan melakukan identifikasi penyakit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News