Kenali Penyebab Bibir Pecah-pecah dan Cara Mengobatinya

Kenali Penyebab Bibir Pecah-pecah dan Cara Mengobatinya
Bibir kering dan pecah-pecah. Foto: top10homeremedies

jpnn.com, JAKARTA - Bibir pecah-pecah adalah salah satu efek samping yang menyebalkan dari cuaca musim dingin atau panas kering. Tetapi, jika Anda membiarkan segala sesuatunya tidak dirawat terlalu lama, terkadang kekeringan menyebar ke sudut bibir yang akan terasa menyakitkan.

"Sudut bibir yang pecah-pecah bisa disebabkan oleh alergi terhadap sesuatu yang Anda makan yang menyebabkan kekeringan di sudut bibir atau mulut Anda, sehingga beberapa orang perlu mencari tahu apa itu alergi," kata Rachel Liverman, CEO Glowbar, yang juga menunjuk ke makanan asam seperti jeruk dan jeruk sebagai penyebab utama, seperti dilansir laman MSN, MInggu (9/2).

Kondisi lain, yang disebut angular cheilitis, juga bisa berperan. Ini sering terjadi karena orang bernafas dengan mulutnya pada malam hari, biasanya ketika hidung mereka sesak, seperti saat musim alergi. Air liur kecil berkumpul di daerah ini dan terdegradasi dan, karena air liur adalah enzim pencernaan, maka hal ini bisa menyebabkan ragi sekunder "menyerang daerah itu," menciptakan peradangan.

Berikut ini cara mengatasinya.

1. Mengoleskan balm

Pastikan untuk melapisi keseluruhan bibir Anda, fokus pada sudut-sudutnya, dan mengolesi balm tambahan pada waktu tidur untuk beberapa perbaikan semalam.

2. Hidrasi secara internal

Kedengarannya sederhana, tapi itu langkah pertama. Air adalah cara terbaik untuk memberi makan tubuh Anda secara umum, dan itu benar-benar berfungsi.

Bibir pecah-pecah adalah salah satu efek samping yang menyebalkan dari cuaca musim dingin atau panas kering.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News