Senin, 22 Juli 2019 – 00:02 WIB

Kenali Tanda Stres karena Pekerjaan

Senin, 24 Juni 2019 – 21:56 WIB
Kenali Tanda Stres karena Pekerjaan - JPNN.COM

jpnn.com - Stres karena pekerjaan adalah masalah kesehatan yang kian hari makin berkembang. Tak hanya berdampak pada kesehatan, stres di kantor juga memengaruhi produktivitas perusahaan. Stres tersebut biasanya terjadi karena waktu bekerja yang terlalu panjang serta beban kerja yang sangat tinggi. Akibatnya, Anda pun mengalami kondisi kelelahan kronik.

Akan tetapi, masing-masing pekerja memiliki ambang batas stres yang berbeda-beda. Selain itu, masalah keluarga, kondisi ekonomi, lingkungan kerja, dan faktor sosial lain juga berpengaruh. Lantas bagaimana tanda stres karena pekerjaan?

Tanda dan gejala stres karena pekerjaan

Seperti dijelaskan di atas, stres karena pekerjaan bisa mengganggu kinerja seseorang hingga menyebabkan produktivitas dan kreativitas Anda menurun. Itu sebabnya, penting sekali mengetahui tanda dan gejala stres akibat pekerjaan. Mengenali gejala sejak dini sangat penting untuk mencegah keterlambatan diagnosis.

Dengan mengenali lebih dini gejala stres akibat pekerjaan, tindakan intervensi seperti konseling ke psikolog atau mengevaluasi beban pekerjaan dapat dilakukan. Anda pun dapat mencegah terjadinya dampak yang lebih parah.

Tanda dan gejala stres akibat pekerjaan dapat berupa gejala fisik, psikologis, dan perilaku. Berikut merupakan uraian tanda dan gejala stres akibat pekerjaan. 

1. Gejala fisik

Tanda dan gejala fisik stres karena pekerjaan meliputi: kelelahan, ketegangan otot, sakit kepala, berdebar, dan sulit tidur. Dapat pula muncul gangguan saluran cerna, seperti nyeri ulu hati, diare, dan sulit BAB.

Sumber : Klikdokter
SHARES
TAGS   Stres atasi stres
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar