JPNN.com

Waspada 4 Faktor ini Bisa Memengaruhi Penyakit Jantung

Jumat, 14 Juni 2019 – 21:50 WIB Waspada 4 Faktor ini Bisa Memengaruhi Penyakit Jantung - JPNN.com

jpnn.com - Penyebab seseorang terkena serangan jantung bisa sangat bervariasi, mulai dari pola makan hingga karena keturunan.

Waspadai risiko penyakit jantung

Dengan berbagai kondisi di atas, Anda perlu lebih cermat dalam menjaga kesehatan, terutama organ jantung Anda. Nah, untuk mencegah terkena penyakit mematikan tersebut, berikut adalah beberapa faktor risiko yang sangat memengaruhi terjadinya penyakit jantung, dan sebaiknya Anda waspadai.

  1. Usia lanjut. Faktor ini menjadi penting karena pada masa lansia otot jantung melemah dan menebal.
  2. Jenis kelamin pria. Penelitian membuktikan bahwa pria memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dibandingkan wanita.
  3. Kebiasaan merokok. Perokok akan memiliki risiko terkena penyakit jantung yang diakibatkan oleh kandungan nikotin dan karbonmonoksida. Keduanya dapat mempersempit pembuluh darah dan menghambat aliran darah ke jantung.
  4. Pola makan yang buruk. Faktor ini merupakan pencetus tersering dari serangan jantung. Hal ini disebabkan konsumsi makanan tinggi lemak, berminyak, tinggi gula dan tinggi garam. Berbagai asupan tersebut turut berkontribusi menyebabkan penyakit metabolik seperti hipertensi, diabetes dan dislipidemia yang berujung pada penyakit jantung, terutama penyakit jantung koroner.

Serangan jantung seperti yang dialami oleh mendiang aktor Robby Sugara ternyata bisa disebabkan oleh berbagai penyakit di atas. Sayangnya, belum banyak orang yang mengetahuinya. Nah, agar Anda terhindar dari penyakit jantung, usahakan untuk selalu menjaga pola hidup sehat serta mengelola stres dengan benar. Dengan begitu, jantung sehat dan kualitas hidup Anda pun akan menjadi lebih baik.(NP/ RVS/klikdokter)

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...