Kenali Tanda-tanda Diabetes Tipe 2 pada Anak

Kenali Tanda-tanda Diabetes Tipe 2 pada Anak
Diabetes. Ilustrasi. Foto Healthaim

jpnn.com - Tingkat diabetes tipe 2 pada anak-anak dan orang dewasa muda telah melonjak ke tingkat tertinggi. Tanda-tanda diabetes tipe 2 hampir semuanya halus.

"Pada diabetes tipe 1, gejalanya cukup klasik dan jelas. Pada diabetes tipe 2, gejala tetap sama, tapi sayangnya, mereka jauh lebih halus dan sering terlewat," kata Libby Dowling, penasihat klinis senior Diabetes Inggris, seperti dilansir laman Virginmediatelevision, Selasa (26/2).

Orang tua, tambah Dowling, adalah tempat terbaik untuk mengetahui apa yang normal bagi anak mereka dan harus mempertimbangkan pemeriksaan jika ada penyimpangan besar.

Gejala bervariasi untuk setiap anak dan usia yang berbeda, jadi jangan menyalahkan diri sendiri jika Anda melewatkan sesuatu. Berikut ini beberapa faktor yang bisa membantu memicu diabetes tipe 2:

1. Kerentanan

Ada faktor risiko untuk diabetes tipe 2 pada anak. Obesitas adalah faktor terbesar, sementara memiliki anggota keluarga dengan diabetes dan berasal dari keturunan Afrika atau Asia Selatan juga bisa meningkatkan peluang Anda. Jika anak Anda cocok dengan profil ini, mungkin ada baiknya Anda melakukan tindakan pencegahan dengan membawa anak Anda ke dokter anak.

2. Buang air kecil berlebihan

Kadar gula yang tinggi dalam aliran darah Anda berarti kadar gula tinggi dalam urin Anda, sehingga tubuh mengkompensasi dengan memompa air ekstra. Jika anak Anda telah tidur dengan seprai kering selama bertahun-tahun dan kemudian tiba-tiba mengompol atau terus berjalan ke kamar kecil, itu bisa menjadi tanda awal.

Tingkat diabetes tipe 2 pada anak-anak dan orang dewasa muda telah melonjak ke tingkat tertinggi. Tanda-tanda diabetes tipe 2 hampir semuanya halus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News