Kenang Buddha, Ribuan Umat Lakoni Jalan Bakti

Kenang Buddha, Ribuan Umat Lakoni Jalan Bakti
TERTIB : Ratusan Biksu dari Majelis Theravada membaca parita suci di Candi Mendhut, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, kemarin sore. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari perayaan Puja Bakti Asadha 2556 BE. Foto : Mukhtar Lutfi/Radar Semarang
MAGELANG – Ribuan umat Buddha dari Majelis Theravada mengikuti prosesi Puja Bakti Agung Asadha 2556 BE di Candi Mendut, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, kemarin sore. Seluruh rangkaian kegiatan untuk mengenang khotbah pertama Buddha Gautama di Taman Rusa Ispantana, India, itu berlangsung khidmat.

Prosesi yang dimulai pukul 17.00 sore itu ditandai pengusungan relik Sang Buddha dari Candi Pawon menuju Candi Mendut yang berjarak sekitar 2 km. Perjalanan dari dua candi tersebut merupakan wujud perjalanan bakti yang dilakukan Sang Buddha.

Dalam perjalanan itu, relik Buddha diarak ribuan umat yang didampingi ratusan biksu. Seluruh umat membawa bunga sedap malam sebagai lambang kesucian.

Di Candi Mendut, tiga altar yang masing-masing terdapat patung Buddha kuning emas, deretan lilin, dan instalasi janur terlihat berdiri di tiga tempat di pelataran candi.

Pembawa relik Buddha di dalam wadah kuning keemasan memasuki Candi Mendut dan meletakan relik tersebut di altar utama candi.

MAGELANG – Ribuan umat Buddha dari Majelis Theravada mengikuti prosesi Puja Bakti Agung Asadha 2556 BE di Candi Mendut, Kabupaten Magelang,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News