Kenangan Anak Buah Menteri Nadiem soal Didi Kempot Bikin Ambyar Panggung Siger

Kenangan Anak Buah Menteri Nadiem soal Didi Kempot Bikin Ambyar Panggung Siger
Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Penyanyi campursari Didi Kempot meninggalkan kenangan bagi banyak orang, termasuk pejabat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Salah satu yang merasa sangat kehilangan oleh kepergian pemilik nama lahir Dionisius Prasetyo itu adalah Dirjen Kebudayaan kemendikbud Hilmar Farid.

Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun, selamat jalan untuk Mas Didi, karya-karyamu membanggakan. Kami keluarga besar Direktorat Jenderal Kebudayaan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya, karyamu akan selalu kami kenang,” ujar Hilmar, Selasa (5/5).

Memang, Ditjen Kebudayaan Kemendikbud pernah mengundang Didi Kempot. Kemendikbud meminta penyanyi yang dijuluki The Godfather of Broken Heart itu mengisi Pekan Kebudayaan Nasional 2019 pada Oktober tahun lalu.

Saat itu Didi Kempot berhasil menggoyang Panggung Siger pada hari keempat Pekan Kebudayaan Nasional 2019.  Lebih dari 40 ribu Sobat Ambyar -julukan untuk penggemar Didi Kempot- memadati Parkir Selatan di sisi Istora Senayan.

Kemendikbud pun berencana kembali menghadirkan Didi Kempot pada Pekan Kebudayaan Nasional 2020. Namun, suratan takdir berkata lain.

Hilmar menilai Didi Kempot merupakan seniman yang punya jiwa sosial tinggi. Belum lama ini Didi menggelar Konser Amal dari Rumah bersama salah satu stasiun televisi nasional dan berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 7,6 miliar untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

“Inisiatif gotong royong kemanusiaan almarhum Didi Kempot sangat dihargai, dan sumbangan kreatif almarhum dalam dunia musik Indonesia sangat dihormati oleh semua kalangan,” jelasnya.

Hilmar juga melihat Didi Kempot sebagai seorang musisi yang berhasil menaikkan nilai tradisi dan melestarikan budaya asli indonesia dengan menggunakan bahasa Jawa dalam lagu-lagunya. Didi juga sering tampil dengan mengenakan pakaian adat Jawa.

Penyanyi campursari Didi Kempot meninggalkan kenangan bagi banyak orang, termasuk pejabat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News