Kenangan Pak Ganjar pada Sosok Habib Ja'far yang Pernah Buang Uang Ratusan Juta ke Laut

Kenangan Pak Ganjar pada Sosok Habib Ja'far yang Pernah Buang Uang Ratusan Juta ke Laut
Habib Ja'far al Kaff yang telah meninggal dunia. Foto: Instagram

jpnn.com, SEMARANG - Kabar duka menyelimuti masyarakat Jawa Tengah. Ulama kharismatik asal Kudus, Habib Ja'far al Kaff dikabarkan telah wafat di Samarinda Kalimantan Timur pada Jumat (1/1) kemarin.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan duka mendalam atas wafatnya Habib Ja'far. Ganjar mengatakan, selama hidup Habib Ja'far selalu memberikan ketenangan kepada masyarakat dan selalu mengajarkan tentang bagaimana mencintai tanah air.

"Tentu saya mengucapkan belasungkawa yang dalam atas wafatnya Habib Ja'far. Beliau ulama kharismatik yang selalu memberikan ketenangan, kalau berbicara adem dan selalu mengajarkan masyarakat tentang cinta tanah air," kata Ganjar pada Sabtu (2/1).

Banyak sekali kenangan Ganjar bersama ulama yang dikenal sebagai wali yang memiliki maqom majdub. Tingkah lakunya yang kadang nyeleneh (jadzab) membuatnya terkenal di seluruh Indonesia. Bahkan, Ganjar memiliki pengalaman sendiri bagaimana kebiasaan nyleneh Habib Ja'far itu.

"Beliau itu sering mengatakan pada saya, Pak Gub saya itu sering mengelilingi rumah njenengan, rumah Kapolda, Pangdam pada pukul 02.00 dinihari. Saya tanya, lha buat apa bib, beliau jawab ya biar aman saja," kenang Ganjar.

Ganjar juga mengatakan bahwa dalam pergaulan sehari-hari, Habib Ja'far penuh dengan simbol-simbol. Sering Ganjar makan bersama Habib Ja'far bersama jajaran Forkompimda, dan mendapat perilaku nyeleneh Habib Ja'far yang penuh misteri.

"Jadi kalau lagi makan bersama, misalnya makan ayam, beliau itu selalu memotong bagian-bagian tertentu. Misalnya kepala, sayap, ceker dan dibagi-bagi pada kami. Beliau memberikan bagian itu sambil bilang, ini buat kamu kepala supaya bisa berpikir, kamu sayap biar bisa terbang kemana-mana, nah kamu ceker supaya bisa eker-eker rejeki. Saat itu saya dapat bagian sayap, entah apa maksudnya," ucapnya.

Begitupula saat makan buah-buahan. Ketika Ganjar hendak mengambil buah anggur, Habib Ja'far melarangnya. Dia meminta Ganjar untuk memakan buah jeruk yang ada.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kehilangan sosok ulama asal Kudus Habib Ja'far al Kaff.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News