Kenji Sekiguchi dan Keluarga Samurai Indonesia

Kenji Sekiguchi dan Keluarga Samurai Indonesia
MAHIR: Dari kiri, Angelina Qurrata Aziza, Kenji Sekiguchi, Alexander Rizqi Maulana, dan Prince Muhammad Paradise berlatih memperagakan jurus iaijutsu.(Frizal/Jawa Pos)

jpnn.com - Kenji Sekiguchi dan keluarganya memilih jalan pedang. Meski lahir di Banyuwangi dan kini tinggal di Sidoarjo, dia dan keluarganya menekuni iaijutsu. Yakni, seni bela diri pedang asal Jepang.

*****

KENJI Sekiguchi bukan nama alias atau julukan. Tapi, itu adalah nama sah laki-laki kelahiran Banyuwangi tersebut. Kenji menyandang nama itu memang bukan sejak kecil. Dia menggunakan nama tersebut pada semua identitas kependudukannya sejak Februari 2008. Lelaki 44 tahun itu secara resmi mengganti namanya lewat penetapan Pengadilan Negeri (PN) Sidoarjo.

”Sekarang di semua identitas saya pakai nama Kenji Sekiguchi,” ujar Kenji saat ditemui di tempat latihannya, Jalan Ngagel Madya, Surabaya, beberapa waktu lalu.

Untuk membuktikannya, Kenji merogoh dompet dan menunjukkan KTP elektronik (e-KTP). Di situ memang tercetak nama Kenji beserta tanggal lahir, alamat, dan informasi kependudukan lainnya. Kenji juga menunjukkan foto akta kelahiran yang tersimpan di smartphone. Lantas, siapa nama dia sebelumnya? ”Tidak usah ya,” ujarnya.

Bila ada yang menganggap apalah arti sebuah nama, tidak begitu Kenji. Dia amat bangga dengan nama pemberian seseorang yang sangat dihormatinya itu. ”Saya dikasih nama oleh Soke Komei Sekiguchi. Beliau itu grand master iaijutsu,” jelas Kenji.

Iaijutsu merupakan seni bela diri khas Jepang yang menggunakan pedang panjang. Namun, orang lebih familier bila mendengar samurai.

Dia lalu menceritakan pertemuan langsung dengan Komei yang menjadigrand master ke-21 aliran Komei Juku Muso Jikiden Eishin Ryu Iaijutsu. Pertemuan Kenji dengan Komei itu tidak di Jepang, melainkan di New Zealand pada 2007. Kenji datang untuk mengikuti latihan sekaligus menguji gerakan-gerakan iaijutsu yang telah diekuni secara otodidak.

Kenji Sekiguchi dan keluarganya memilih jalan pedang. Meski lahir di Banyuwangi dan kini tinggal di Sidoarjo, dia dan keluarganya menekuni iaijutsu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News