Kenneth PDIP Minta Anies Tuntaskan Masalah Air Bersih di Jakarta

Kenneth PDIP Minta Anies Tuntaskan Masalah Air Bersih di Jakarta
Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Hardiyanto Kenneth dalam rapat Komisi D DPRD DKI Jakarta terkait realisasi penyerapan tahun anggaran 2021, persiapan pelaksanaan kegiatan tahun 2022, rencana kegiatan tahun 2023, Rabu (30/3/2022). ANTARA/Dokumentasi Pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Hardiyanto meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan segera menuntaskan permasalahan air bersih di Jakarta yang tidak tuntas-tuntas.  Politikus PDIP itu mengatakan masalah air bersih tersebut sudah melanda warga di sejumlah tempat di Jakarta selama bertahun-tahun. 

"Kenapa masalah air bersih di Jakarta ini tak pernah selesai. Ini kota besar loh, masa bisa-bisanya masih ada warga yang mengeluh susah mendapatkan air bersih, padahal itu hak warga untuk mendapatkan air bersih untuk keberlangsungan hidupnya," tutur Hardiyanto Kenneth kepada wartawan di Jakarta, Rabu.

Dia mencontohkan seperti warga Muara Angke, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, yang bertahun-tahun mengalami kesulitan akses air bersih sejak tahun 1980-an.

Kemudian, temuan Kementerian Kesehatan terkait air isi ulang yang menjadi paling banyak dikonsumsi warga termasuk sumur bor atau gali terlindung. Belum lagi, temuan air di salah satu daerah di Jakarta Barat yang terkontaminasi bakteri E Coli.

"Hal itu berdasarkan Profil dan Status Kualitas Air Minum Rumah Tangga Indonesia 2021 yang dilakukan Tim Surveilans Direktorat Penyehatan Lingkungan," ujar pria yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan DKI Jakarta tersebut.

Di sisi lain, kata Kenneth, data menyebutkan baru sekitar 65 persen warga Jakarta yang memiliki akses air bersih.

Menurutnya, hal ini masih jauh dari target Pemprov DKI Jakarta, yakni mencakup 79,61 persen warga di akhir 2022.

Terlebih dengan target Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) DKI Jakarta yang ingin mencakup seluruh warga dengan pipa air di 2030 mendatang.

Politikus PDIP Hardiyanto meminta Anies Baswedan segera menuntaskan permasalahan air bersih di Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News