Kepada Media Asing, Anies Baswedan Mengaku Sebagai Pemersatu Warga Jakarta

Kepada Media Asing, Anies Baswedan Mengaku Sebagai Pemersatu Warga Jakarta
Jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan segera berakhir. Pembicaraan soal Pj gubernur kian santer. Foto : Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengakui ambisinya jadi presiden Republik Indonesia selanjutnya. Dalam wawancara dengan media asing, Reuters, dia mengaku siap maju pada Pilpres 2024.

Dalam wawancara di Singapura itu dia juga menepis tudingan bahwa dirinya memicu polarisasi di tengah masyarakat.

"Kebijakan saya telah menyatukan warga Jakarta," ujar Anies kepada kantor berita asal Inggris tersebut.

Reuters menyebut Anies memenangkan pemilihan kepala daerah pada 2017 dengan bantuan kelompok Islam garis keras yang menggunakan isu SARA untuk menekan pesaingnya, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Anies dinilai tak berbuat apa-apa untuk meredam perpecahan religius dan komunal yang terjadi ketika itu.

Namun, mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu menyebut lima tahun kepemimpinannya sebagai gubernur Jakarta telah menepis semua keraguan.

"Sebelumnya, publik hanya berasumsi mengenai saya dan keberpihakan saya dan apa yang akan saya lakukan selama menjabat. Sekarang, saya sudah menjabat selama lima tahun, jadi silakan nilai saya berdasarkan realita dan rekam jejak," kata Anies. (reuters/dil/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Reuters menyebut Anies Baswedan memenangkan pemilihan kepala daerah DKI Jakarta dengan bantuan kelompok Islam garis keras yang menggunakan isu SARA


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Sumber Reuters

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News