Kepada Presiden Jokowi, Indra Usulkan Kriteria Calon Dirjen Imigrasi

Kepada Presiden Jokowi, Indra Usulkan Kriteria Calon Dirjen Imigrasi
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dosen Politeknik Imigrasi (Poltekim) M Indra meminta Presiden Joko Widodo memilih ASN imigrasi atau alumni politeknik Imigrasi dan atau orang dalam untuk menjadi Direktur Jenderal atau Dirjen Imigrasi Kemenkumham.

Menurut Indra, banyak ASN yang selama ini menapak karier di bidang keimigrasian memiliki kapasitas leadership dan profesionalisme untuk memimpin Imigrasi.

“Saya kira itu imigrasi satu profesi yang dilandasi satu undang-undang dan itu pekerjaan yang sifatnya khusus. Di sana jadi Dirjen, selain bicara leadership tetapi profesionalisme juga diperlukan di situ,” ujar Indra, Selasa (13/9/2022).

Indra menilai banyak persoalan di imigrasi disebabkan karena selama ini pimpinan Imigrasi dipilih dari orang luar.

Akibatnya, kata dia, yang bersangkutan tidak menguasai sepenuhnya persoalan di imigrasi. Belum lagi karakter orang yang menjadi pimpinan Imigrasi tidak mau mendengarkan orang lain dan tidak mau belajar.

"Syarat pemimpin itu kan sebenarnya harus menguasai secara teknis dan substansi terkait keimigrasian,” ujar Pelaksana Tugas Dirjen Imigrasi Kemenkumham Periode 2009-2011.

Selain itu, menurut Indra, calon Dirjen Imigrasi juga harus tahu dari hulu sampai hilir ruang lingkup pekerjaan di imigrasi.

Kemudian, harus tahu apa persoalan di imigrasi dan harus mengenali anatomi organisasi termasuk mengenali SDM.

Indra mengusulkan kepada Presiden Jokowi calon Dirjen Imigrasi Kemenkumham, antara lain memilih ASN imigrasi atau alumni politeknik Imigrasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News