Kepala BSKDN Harap Sumba Timur Tingkatkan Inovasi untuk Pacu Pariwisata Lokal

Kepala BSKDN Harap Sumba Timur Tingkatkan Inovasi untuk Pacu Pariwisata Lokal
Kepala BSKDN Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo mengatakan pariwisata terbukti mampu menopang perekonomian bangsa. Foto: dok BSKDN Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo mengatakan pariwisata terbukti mampu menopang perekonomian bangsa.

Sebab, sektor tersebut banyak menyumbang devisa bagi pemerintah di luar minyak dan gas bumi. 

Hal itu diungkapkan Yusharto saat menjadi narasumber dalam acara Focus Group Discussion (FGD) yang mengusung tema "Pembinaan Inovasi Daerah pada Kabupaten Sumba Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)". Kegiatan tersebut berlangsung di Sumba Timur pada Senin, (22/5).

Menurutnya, salah satu upaya yang bisa dilakukan pemerintah daerah untuk pariwisata adalah dengan meningkatkan inovasi sesuai potensi daerah masing-masing.

"Tidak terkecuali bagi Pemkab Sumba Timur yang terus berupaya meningkatkan inovasinya terutama inovasi pada sektor pariwisata," kata Yusharto.

Yusharto mengatakan Provinsi NTT memiliki tiga sektor penting yang menjadi ujung tombak ekonomi daerah tersebut. 

Adapun tiga sektor itu meliputi sektor peternakan, pertanian dan pariwisata

Dia menilai dari ketiga sektor tersebut, pariwisata menjadi yang paling potensial untuk dikembangkan. 

Kepala BSKDN Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo mengatakan pariwisata terbukti mampu menopang perekonomian bangsa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News