Kepercayaan Investor Pulih, Realisasi Investasi Tembus Rp 395 Triliun

Kepercayaan Investor Pulih, Realisasi Investasi Tembus Rp 395 Triliun
Kepala BKPM Thomas Lembong

jpnn.com, JAKARTA - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi pada semester kedua 2019 naik 9,4 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Berdasar data BPKM, total realisasi investasi periode Januari hingga Juni 2019 mencapai Rp 395,6 triliun.

Angka itu terdiri atas realisasi penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp 182,8 triliun dan penanaman modal asing (PMA) sebanyak Rp 212,8 triliun.

BACAJUGA: Singapura Jadi Negara Paling Banyak Berinvestasi di Batam

Kepala BKPM Thomas Lembong mengatakan, tren pemulihan investasi terus berlanjut di Indonesia sejak akhir 2018 di kuartal pertama dan kedua tahun ini.

”Kepercayaan (investor, Red) mulai pulih. Perusahaan multinasional mulai menyesuaikan dengan perang dagang atau minimum dampak negatif bisa dikelola atau dibatasi sehingga investasi mulai pulih,” urainya di kantor BKPM, Selasa (30/7).

Dari sisi ekonomi digital, pertumbuhan start-up dan e-commerce memang sangat tinggi.

Namun, jika ada suntikan dana dari investor, modalnya tidak langsung masuk ke Indonesia. Penyebabnya, kantor induk usaha mereka tidak berada di Indonesia.

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi pada semester kedua 2019 naik 9,4 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News