Kepergok, Ular Piton Memuntahkan Ayam yang Hendak Ditelan

Kepergok, Ular Piton Memuntahkan Ayam yang Hendak Ditelan
Piton memangsa ternak ayam milik warga. Proses evakuasi ular panjang 4,5 meter ini memakan waktu selama 2 jam. Foto: FAHMI FAJRI/BONTANG POST/JPNN.com

jpnn.com, BONTANG - Ular jenis piton panjang sekitar 4,5 meter ditangkap petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Bontang, Kaltim.

Ular besar itu ditangkap setelah memangsa induk ayam milik warga yang sedang mengerami telurnya.

Kepala Disdamkartan Bontang Muhammad Yani mengatakan, Rabu (10/1) pihaknya mendapat laporan dari warga Jalan Brigjen Katamso RT 16 nomor 14 Kelurahan Gunung Elai sekira pukul 09.00 Wita.

Tim penyelamatan pun segera mendatangi lokasi dan tiba sekira pukul 09.10 Wita. “Evakuasinya cukup lama dan memakan waktu sekira 2 jam,” jelas Muhammad Yani, Rabu (10/1).

Dikatakan Yani, ular tersebut muncul dan memakan ternak warga saat subuh. Pemilik rumah atas nama Rubiah usai Salat Subuh mendengar suara gaduh di sekitar kandang ayam.

Saat itu, ayah Rubiah hanya mengira ada biawak yang akan memakan peliharaannya. “Dengan menyiapkan senapan angin, ayah Rubiah pun keluar dari rumah dan hendak melihat kandang ayam peliharaannya,” ujarnya.

Ketika hendak menembak, lanjut Yani, ayah Rubiah kaget karena melihat ular besar yang sudah memangsa induk ayam ketika sedang mengerami telurnya.

“Nah ketika ular tersebut melihat ada manusia yang datang, seketika itu juga ular tersebut langsung memuntahkan ayam yang hendak ditelan. Dan dengan cepat bersembunyi di bawah pondasi rumah yang berada di bawah tangga rumah,” beber dia.

Ular piton besar yang kepergok sedang memangsa ayam milik warga, berhasil ditangkap petugas Disdamkartan Bontang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News