Kepuasan Publik Capai 76,2 Persen, Kinerja Jokowi Meningkat Sejak 3 Bulan Terakhir

Kepuasan Publik Capai 76,2 Persen, Kinerja Jokowi Meningkat Sejak 3 Bulan Terakhir
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Kepuasan publik pada kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencapai 76,2 persen. Angka tersebut menjadi kepuasan publik tertinggi sepanjang karier Jokowi menjabat sebagai presiden.

Direktur Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan menuturkan mayoritas masyarakat Indonesia mengaku puas dengan kinerja Jokowi.

Dari 76,2 persen approval rating, presentase responden yang menyatakan cukup puas ada sebanyak 57,5 persen dan yang mengaku sangat puas 18,7 persen.

"Pada Januari 2023 ini, kami menemukan 76,2 persen responden menyatakan puas atau sangat puas terhadap kinerja Presiden," ujar Djayadi dikutip dari Youtube LSI.

Djayadi menerangkan ada tren signifikan kenaikan kepuasan publik pada Presiden Jokowi. Khususnya, dalam kurun waktu tiga bulan terakhir ini.

"Sejak tiga bulan terakhir, kinerja Presiden mengalami peningkatan dalam persepsi positif masyarakat dari 62,6 persen pada September 2022 menjadi sekarang 76,2 persen. Tiga bulan terakhir, peningkatannya cukup signifikan," paparnya.

Pada surveinya, LSI menyajikan data tren kepuasan publik pada Jokowi sejak Januari 2015 hingga Januari 2023. Grafik yang ditampilkan cenderung stabil di angka 60-70 persen.

Pada Januari 2015 kepuasan publik pada Jokowi berada di angka 61,7 persen, kemudian Januari 2016 naik di angka 66,17 persen.

Mayoritas masyarakat Indonesia mengaku puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News