Senin, 25 Juni 2018 – 18:32 WIB

Keputusan Ada di Tangan Bu Mega, Tunggu Suratnya saja

Selasa, 13 Maret 2018 – 15:46 WIB
Keputusan Ada di Tangan Bu Mega, Tunggu Suratnya saja - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Bendahara Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan di DPR, Alex Indra Lukman mengatakan, keputusan siapa yang akan ditunjuk sebagai Wakil Ketua DPR sudah ada di tangan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Tinggal tunggu surat dari ibu ketum (terkait) penunjukan kader, yang menurut ibu pantas dan mumpuni menjabat pimpinan DPR,” kata Alex di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (13/3).

Dia menjelaskan, Fraksi PDI Perjuangan merupakan perpanjangan partai. Setiap pergerakan fraksi pasti atas instruksi partai. Hasilnya, kemudian dilaporkan kepada DPP PDI Perjuangan.

Ketika fraksi dalam upaya proses revisi Undang-undang MPR, DPR, DPD dan DPRD (U MD3) menambah komposisi pimpinan, tentu sudah sepengetahuan atau berdasarkan arahan DPP PDI Perjuangan. Ketika UU ini sudah diparipurnakan, maka tentu DPP PDI Perjuangan sudah membahas soal kursi pimpinan. “Ya tunggu saja soal keputusan DPP partai,” katanya.

Saat disinggung apakah benar nama Ketua Fraksi PDI Perjuangan Utut Adianto yang sudah diputuskan, Alex menyarankan untuk menanyakan langsung kepada DPP partai berlambang banteng moncong putih itu.

Dia menjelaskan ketika Megawati menunjuk Utut sebagai ketua fraksi dan Bambang Wuryanto selaku sekretaris fraksi, tentu mereka adalah pucuk pimpinan fraksi yang merupkan bagian dari lembaga DPR.

Kalau ditanya kapasitasnya, kata dia, tentunya Utut dan Bambang layak karena saat ini keduanya sudah dipercaya menjabat di pucuk pimpinan fraksi. “Kalau tidak layak mana mungkin ibu menunjuk sebagai pimpinan fraksi. Tapi siapa, ya itu kewenangan ibu. Kami percaya ibu ketua umum akan menunjuk kader PDI Perjuangan yang terbaik sebagai pimpinan DPR,” ujar Alex.

Sebelumnya, Ketua DPR Bambang Soesatyo memastikan PDI Perjuangan belum menyetorkan nama yang akan dilantik sebagai Wakil Ketua DPR. Bambang mengatakan, DPR akan menyurati PDI Perjuangan agar menyerahkan nama, setelah UU MD3 diberlakukan. (boy/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar