Kerahkan 200 Pesawat 43 KRI

Kerahkan 200 Pesawat 43 KRI
Salah satu alat utama sistem persenjataan (Alutsista) TNI. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - SURABAYA - Puncak acara HUT TNI hari ini dijadwalkan berlangsung pukul 08.15-12.00. Rangkaian acara dibuka dengan upacara militer, lalu dilanjutkan dengan defile pasukan dan material tempur serta demonstrasi sekitar tiga jam.

Berbagai kendaraan tempur (ranpur), kendaraan taktis (rantis), maupun alat utama sistem persenjataan tiga unsur darat, laut, dan udara yang mencapai 300-an unit dipamerkan.
 
Lantaran lokasi yang terbatas, sebelum melintas di depan panggung VVIP, ranpur diparkir mulai masuk gerbang Armatim di Jalan Hang Tuah.

Wakil Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Laksma TNI F.X. Agus Susilo menegaskan, parade dan defile hari jadi yang terbesar dalam sejarah sejak TNI lahir 5 Oktober 1945 itu sejatinya menunjukkan kesiapan berperang TNI.

"Bukan dalam konteks mencari musuh. Namun, belum ada angkatan bersenjata atau tentara negara lain yang mendemonstrasikan sekitar 200 pesawat dalam waktu bersamaan," ujar Agus.

Selain itu, demonstrasi unsur laut yang melibatkan sampai 43 KRI merupakan yang pertama dalam sejarah TNI. (JP)


Berita Selanjutnya:
Para Gubernur Angkat Senjata

SURABAYA - Puncak acara HUT TNI hari ini dijadwalkan berlangsung pukul 08.15-12.00. Rangkaian acara dibuka dengan upacara militer, lalu dilanjutkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News