Kerajaan Arab Saudi Umumkan Hari Pendirian Negara pada 22 Februari

Kerajaan Arab Saudi Umumkan Hari Pendirian Negara pada 22 Februari
Direktur Sama Center Mohammed Gharawi mengabarkan hari baru pendirian negara Arab Saudi. Foto: tangkapan layar

jpnn.com, ARAB - Kerajaan Arab Saudi menetapkan 22 Februari sebagai hari baru pendirian negara.

Direktur Sama Center Mohammed Gharawi menyatakan, hari itu didedikasikan untuk diperingati sebagai hari libur nasional.

Pengumuman tersebut ditetapkan dekrit kerajaan yang dikeluarkan oleh Raja Salman sebagai peringatan Hari Imam (gelar mantan raja) Mohammed bin Saud dalam mendirikan Diriyah sebagai negara kota otonom pada 1727.

''Menciptakan negara baru bukanlah suatu pekerjaan yang mudah, butuh keringat, darah, dan air mata untuk membangun dan menyatukan apa yang 300 tahun kemudian menjadi Kerajaan Arab Saudi modern,'' ungkapnya

Merayakan peristiwa seperti ini membantu membangun identitas nasional. Meskipun asal-usulnya sederhana, Diriyah sampai hari ini menjelma sebagai tekad dan kebanggaan terbaik bagi Arab Saudi.

Gharawi menjelaskan, negara Arab Saudi modern tidak lahir dari revolusi anarkis atau perjuangan kemerdekaan pascakolonial. Ia adalah murni keinginan masyarakat lokal yang menginginkan sebuah negara dan membangunnya dari bawah ke atas.

''Meskipun beberapa ahli sejarah mengembalikan asal-usul Diriyah kepada Manee Al-Mouridi dan upayanya mendirikan kotanya. Namun, awal sebenarnya dari negara Arab Saudi modern adalah berada pada kenegarawanan cerdas dari keturunannya, Imam Mohammed bin Saud, ujar jurnalis Arab Saudi ini.

Dia membentuk aliansi dan memimpin pertempuran untuk menciptakan negara baru.

Direktur Sama Center Mohammed Gharawi menuturkan bahwa 22 Februari didedikasikan untuk diperingati sebagai hari libur nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News