Keren, Indika Energy Kembangkan Proyek PLTS di Kideco Paser Kaltim

Sabtu, 10 April 2021 – 17:03 WIB
Keren, Indika Energy Kembangkan Proyek PLTS di Kideco Paser Kaltim - JPNN.com
Presiden Direktur PT Indika Energy Arsjad Rasjid (kiri) bersama Presiden Direktur PT Kideco Jaya Agung Kurnia Ariawan meninjau Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Paser, Kalimantan Timur, Sabtu (10/4/2021). Dok. Indika Energy

jpnn.com, PASER - PT Indika Energy Tbk. (Indika Energy) membangun proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di wilayah anak usahanya, PT Kideco Jaya Agung (Kideco) di Paser, Kalimantan Timur.

Hal ini dilakukan untuk mendukung pengembangan sektor energi baru dan terbarukan (EBT) di Indonesia dan menjadi percontohan untuk pengerjaan proyek-proyek lainnya di masa mendatang.

PLTS berkapasitas 409 Kilo Watt Peak (KWP) ini diinstalasi di lingkungan perumahan karyawan Kideco dengan menggunakan solar panel (fotovoltaik) sebanyak 999 unit yang terpasang di dasar dan atap rumah dengan menggunakan 3 inverter.

Sistem operasional dengan model hybrid ini bisa digunakan secara on grid dan off grid (baik terhubung ataupun tidak dengan jaringan PLN) dengan waktu operasional selama 7 jam.

Direktur Utama Indika Energy Arsjad Rasjid mengatakan pembangunan PLTS di Kideco ini merupakan wujud komitmen Indika Energy untuk menggunakan energi bersih di dalam operasionalnya.

“Hal ini juga merupakan wujud kemampuan kami untuk membangun proyek PLTS dan berharap dapat mengembangkan lebih banyak proyek serupa ke depannya,” ujar Arsjad dalam keterangan pers pada Sabtu (10/4).

Arsjad menjelaskan pembangunan PLTS dimulai pada Oktober 2020 dan selesai pada Maret 2021. Pengerjaan dilakukan oleh anak usaha Indika Energy yang bekerja sama dengan mitra yang ditunjuk untuk melakukan pekerjaan Engineering, Procurement dan Construction (EPC).

PLTS saat ini merupakan salah satu solusi pemanfaatan energi terbarukan dan ramah lingkungan, yang dapat berkontribusi pada pengendalian iklim dan menghadapi tantangan pemanasan global.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...