Keren! Oscar Lawalata Bakal Kenalkan Batik ke Paris

Keren! Oscar Lawalata Bakal Kenalkan Batik ke Paris
Oscar Lawalata di Museum Bank Mandiri, Jakarta Barat. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Desainer Oscar Lawalata tengah bersiap memamerkan busana rancangannya di Pameran UNESCO Head Quarter, Paris, pada Juni 2018.

Kali ini, dia akan membawa misi khusus untuk mempromosikan batik dari berbagai aspek.

Dengan menggagas Batik Foe The World, kakak aktor Mario Lawalata itu menggandeng salah satu bank milik pemerintah membuat kegiatan peduli batik yang mencakup aspek dari pembinaan para pengrajin, meningkatkan kualitas batik, hingga mempromosikannya kepada khalayak internasional.

"Awalnya saya berpikir sejak diberi penganugerahan batik oleh UNESCO sekitar tahun 2009. Sejak itu kita belum memperlihatkan kembali kepada UNESCO bagaimana batik berkembang, baik secara industrinya atau pelestariannya," ungkap Oscar Lawalata dalam konferensi pers Batik For The World di Museum Bank Mandiri, Jakarta Barat, Rabu (25/10).

Oscar mencoba meyakinkan kepada UNESCO bagaimana para pengrajin begitu melestarikan batik dan kepedulian terhadap banyak hal untuk mempertahankan batik. Atas usahanya itu, pihak UNESCO pun menerima pameran ini.

"Pameran ini tidak hanya memamerkan karya. Tapi kami ingin juga memperlihatkan bagaimana kepedulian kami terhadap pengrajin batik. Kami mulai dari Jawa Timur. Melakukan pemetaan, di Ponorogo, Trenggalek, Kediri, Surabaya, Madura. Sudah kami lihat dan kurasikan," jelas Oscar.

Untuk mempersiapkan pamerannya, Oscar telah bekerja sama dengan para pengrajin batik di beberapa daerah tersebut.

"Kami menguatkan pada budayanya, motif setiap daerah kami pelajari. Penggunaan warna-warna dan jenis kainnya. Mungkin batik dengan gaya modern sah-sah saja, tetapi akarnya harus dijaga," jelasnya,

Desainer Oscar Lawalata tengah bersiap memamerkan busana rancangannya dari batik di Pameran UNESCO Head Quarter, Paris, pada Juni 2018.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News