Keren, Rocker Ini Lari Maraton 55 Hari demi Tujuan Mulia

Keren, Rocker Ini Lari Maraton 55 Hari demi Tujuan Mulia
Athiwara Khongmalai melakukan lari maraton demi tujuan mulia. Foto: The Nation

jpnn.com, BANGKOK - Tak butuh banyak biaya dan persiapannya mudah. Begitulah jawaban Athiwara Khongmalai ketika ditanya kenapa dirinya memilih lari maraton ketimbang konser musik rock sebagai cara mengumpulkan dana bantuan untuk rumah sakit.

Pria yang dijuluki sebagai Toon Bodyslam itu memang dikenal sebagai rocker. Tapi, dia juga suka lari. Tepat di Hari Natal, Senin (25/12), dia sukses menyelesaikan proyek lari maraton selama 55 hari yang dimulainya sejak 1 November.

Proyek yang dijalani vokalis band Bodyslam itu bertujuan mengumpulkan sumbangan untuk sebelas rumah sakit di daerah terpencil Thailand.

Saat Khongmalai menyentuh garis finis di pos perbatasan Distrik Mae Sai, Chiang Rai, pukul 18.20 waktu setempat, bantuan yang terkumpul mencapai USD 33.6 juta (sekitar Rp 455,7 miliar). Angka itu jauh melewati target yang ditetapkannya semula. Yakni, USD 21 juta (sekitar Rp 284,8 miliar).

Kepada Channel News Asia, Khongmalai bercerita, jika dirinya memilih konser, biayanya banyak. ”Jadi, saya pikir bagaimana jika saya menggunakan diri saya sendiri untuk mengumpulkan uang (dengan berlari, Red),” jelasnya.

Secara keseluruhan, dia telah menempuh jarak 2.215 km dan melintasi 20 provinsi. Dia tidak full lari maraton sejauh 42,195 km selama 55 hari. Beberapa kali, dia libur karena diundang kerajaan dan ketika dia cidera.

Aksi positif yang dilakukan Khongmalai diapresiasi banyak pihak. Salah satunya, pelari Inggris Mo Farah. Salah seorang peraih medali emas olimpiade 2016 lalu itu mengunggah status di akun Facebook-nya untuk menyemangati Khongmalai. Beberapa artis lain pun melakukan lari jarak pendek di rute berbeda untuk mendukung Khongmalai.

Itu bukan kali pertama Khongmalai berlari untuk mengumpulkan uang demi membantu rumah sakit-rumah sakit kecil milik pemerintah. Desember tahun lalu, dia juga menggalang dana dengan aksi lari 400 km dan berhasil mengumpulkan dana lebih dari USD 2,4 juta (Rp 32,5 miliar).

Rocker yang dijuluki sebagai Toon Bodyslam ini sukses menyelesaikan proyek lari maraton selama 55 hari yang bertujuan untuk membantu sesama

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News