Keren, Sabyan Gambus Sudah Punya Fans di Mancanegara

Keren, Sabyan Gambus Sudah Punya Fans di Mancanegara
Grup musik Sabyan. Foto: Instagram/Sabyan_gambus

jpnn.com - Belum setahun kehadirannya di industri musik, Sabyan Gambus menghelat konser perdana bertajuk Indonesia Sejuk di Ecopark Ancol, Jakarta, Sabtu malam (3/11). Penontonnya ribuan, dari berbagai kota dan beragam usia. Banyak yang datang sekeluarga.

Fan base mereka datang dengan atribut Sahabat Sabyan. Tak sedikit yang menunggu sejak siang meski konser baru dimulai pukul 20.25 WIB. Sabyan juga menggandeng Gita Gutawa dan Ayuenstar, berkolaborasi membawakan Ya Maulana.

Grup yang awalnya tampil di acara-acara wedding itu menjadi fenomena baru dalam industri musik tanah air. Popularitasnya dimulai lewat YouTube. Lima videonya ditonton lebih dari 100 juta viewers.

Video cover Ya Habibal Qolbi diputar lebih dari 250 juta kali dan Deen Assalam ditonton 164 juta kali. Lalu, single orisinal mereka, Ya Maulana, yang dirilis pada momen Ramadan Mei lalu meraup lebih dari 173 juta viewers.

Pendengarnya tak hanya berasal dari Indonesia, tapi banyak dari negara tetangga, Timur Tengah, hingga Eropa. ''Sebenarnya kami pure ingin bermusik, membawakan musik yang kami suka, lagu yang orang suka,'' ujar Ahmad Fairus atau biasa disapa Ayus, keyboardist Sabyan.

Terbentuk sejak 2015 dan dalam perjalanannya menemukan formasi tetap enam personel sejak 2016. Selain Ayus, ada Khoirunissa atau Nissa (vokalis), Sofwan Yusuf (perkusi), Kamal (darbuka), Tubagus Syaifulloh alias Tebe (biola), serta Anisa Rahman sebagai vokalis kedua.

Mereka tidak akan meninggalkan YouTube. Single kedua berjudul Allahumma Labbaik dirilis pada 2 November. Dalam dua hari (hingga Minggu 4 November), single itu ditonton lebih dari 1,8 juta viewers. Lagu itu untuk orang tua Ayus yang akan beribadah ke Tanah Suci. (nor/c19/nda)


Sabyan. Grup musik gambus itu mencuat lewat video yang membawakan cover salawat di YouTube sejak Desember 2017.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News