Keren, Soekarno-Hatta Kalahkan Bandara-Bandara Top Dunia

Sabtu, 14 November 2020 – 13:45 WIB
Keren, Soekarno-Hatta Kalahkan Bandara-Bandara Top Dunia - JPNN.com
Ilustrasi - Calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta. Foto: AP II

jpnn.com, JAKARTA - Aktivitas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, terus menunjukkan peningkatan yang signifikan. Setelah sempat lesu karena pandemi virus corona (covid-19), aktivitas di bandara terbesar di Indonesia itu makin menggeliat.

Berdasarkan data dari Official Airline Guide (OAG), Soetta masuk 20 besar kategori Top 20 Airports. Top 20 Airports sendiri merupakan 20 bandara terbesar berdasarkan kapasitas dibandingkan periode yang sama pada 2019.

Dalam data yang dipaparkan OAG terdapat beberapa poin kunci yang menjadi catatan penting. Salah satunya ialah beberapa bandara yang masuk 20 besar pada tahun lalu harus terpental.

Selain itu, Singapura yang memiliki Bandara Changi melanjutkan operasionalnya dengan level sangat rendah.

Di sisi lain, Dubai yang bergantung pada penerbangan internasional juga meneruskan catatan minor dengan kapasitas di bawah tahun lalu. Berdasarkan data OAG, seat capacity level pada 20 Oktober 2020 mencapai 2.002.962.

Angka itu sudah mencapai 56 persen dibandingkan seat capacity level pada Oktober 2019 yang mencapai 3,55 juta. Kabar baik lainnya ialah tren lalu lintas penerbangan di Bandara Soetta juga meningkat.

Seat capacity pada Oktober 2020 naik dibandingkan dengan September 2020. Angkanya mencapai 0,2 persen.

Aktivitas di Soetta juga lebih sibuk dibandingkan bandara-bandara besar dunia. Misalnya, Changi di Singapura. Seat capacity level di Bandara Changi pada 20 Oktober 2020 mencapai 314.084.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...