Keren, Tenunan Desa Wedani Diekspor ke Timur Tengah hingga Somalia

Keren, Tenunan Desa Wedani Diekspor ke Timur Tengah hingga Somalia
Kunjungan perwakilan Kementerian Keuangan, Kementerian Luar Negeri dan LPEI ke Desa Devisa Wedani di Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik Jawa Timur, Rabu (13/9). Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, GRESIK - Staf Fungsional Ahli Bidang Jasa Konsultasi Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) Gerald Setiawan Grisanto mengungkapkan Program Desa Devisa berhasil membawa Koperasi Produsen Wedani Giri Nata (WGN) meraup Rp 450 juta dari hasil ekspor kerajinan tenun sepanjang 2023.

Koperasi binaan LPEI tersebut menaungi 550 orang penenun di Desa Wedani, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Desa ini menjadi sentra produksi kain tenun yang memiliki karakteristik unik, dan corak tenun yang lebih bervariatif yang diproduksi menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM).

"Selama pendampingan, penjualan koperasi naik sampai 29 persen. Selama 2023 penjualan koperasi nyampai Rp450 juta," kata Gerald di Gresik, Jawa Timur, Rabu (13/9).

Dia menjelaskan Desa Devisa Tenun Gresik memiliki kapasitas produksi mencapai 146.400 lembar sarung per bulan, dan telah melakukan indirect export ke beberapa negara.

Tak hanya itu, Gerald juga menyebutkan pihaknya telah memberikan berbagai program pada para penenun seperti pelatihan manajerial koperasi, pelatihan akuntansi keuangan, pelatihan desain dan produk, pelatihan peningkatan kualitas, serta memfasilitasi pameran pada event G20.

"Manfaat yang diperoleh dari Program Desa Devisa di Wedani adalah adanya peningkatan kapasitas produksi sebanyak 14 persen dan penjualan meningkat sebesar 29 persen. Penjualan selama 2023 mencapai Rp 450 juta," lanjutnya. 

Dia juga menyebutkan tahun ini LPEI berhasil membantu Desa Devisa Wedani merambah pasar lebih luas lagi, seperti Yaman, Arab Saudi, dan Somalia.

Program Desa Devisa berhasil membawa Koperasi Produsen Wedani Giri Nata (WGN) meraup Rp 450 juta dari hasil ekspor kerajinan tenun sepanjang 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News