Keren! Tim Catur SMP Sabet Enam Medali di Malaysia ‎

Keren! Tim Catur SMP Sabet Enam Medali di Malaysia ‎
Para pelajar peraih medali dalam pertandingan catur. Foto: Humas Kemendikbud

jpnn.com - JAKARTA—Tim catur SMP Indonesia menggondol enam medali yaitu dua emas, dua perak dan dua erunggu pada Malaysia International Chess Festival yang diadakan di Cititel, Mid Valley, Kuala Lumpur – Malaysia.

Pertandingan itu diselenggarakan pada 8 -19 September. Selain menyabet enam medali, para pelajar Indonesia juga mendapatkan Rating Internasional dari Badan Catur Internasional FIDE.

Direktur Pembinaan SMP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Supriano‎ mengungkapkan, Malaysia International Chess Festival adalah Kejuaraan catur berlevel internasional yang diadakan setiap tahun.

Setiap pemain yang mengikuti event tersebut berhak memperoleh rating Internasional dari badan catur dunia FIDE (Federation International des Echeck).

"Festival catur internasional ini mempertandingkan lima nomor pertandingan yaitu rapid chess team, blitz chess individual, challenger, swensen, open individual. Tim Indonesia mengikuti tiga nomor pertandingan yaitu Rapid Chess Team U-16‎, Swensen U-14 (putra dan putri), dan Chalengger (Rating < 2000)‎," papar Supriano, Selasa (20/9).

Menurutnya, kejuaraan catur internasional tersebut diikuti 10 negara yakni Malaysia, India, Ubekkistan, Singapura, New Sweland, Tiongkok, Bangladesh, Hongkong, Philipina, dan Indonesia.

Adapun atlit yang mewakili Indonesia pada Festival Catur Internasional ini adalah para jawara Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat nasional tahun 2016 di Jakarta.

"Ini merupakan tindak lanjut dari program Kemendikbud dalam rangka meningkatkan prestasi atlit di kancah internasional," ucapnya.

JAKARTA—Tim catur SMP Indonesia menggondol enam medali yaitu dua emas, dua perak dan dua erunggu pada Malaysia International Chess Festival

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News