Kereta Api Inspeksi Generasi ke-2 Diresmikan

Kereta Api Inspeksi Generasi ke-2 Diresmikan
Kereta Api Indonesia (KAI). Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, SEMARANG - Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro meresmikan kereta api inspeksi Generasi Ke-2 di Stasiun Semarang Tawang, Sabtu (6/1).

"Kereta api inspeksi yang mengusung tema go green ini, menampilkan balutan warna ekterior berwarna hijau. Kereta api inspeksi ini merupakan modifikasi dari KRD (kereta rel diesel) dengan nomor seri K1 3 80 01 dan K1 3 82 02, oleh pihak Balai Yasa Yogya yang memakan waktu pengerjaan selama dua bulan," ujar Manager Humas Daop 4 Semarang Suprapto.

Suprapto menjelaskan, satu set KA Inspeksi terdiri dari dua kereta diesel ini sebelumnya pernah beroperasi KA Sriwedari ( relasi Solo - Jogya/pp) dan pernah bertugas sebagai KA Kedung sepur (Semarang poncol - Grombo /pp).

KA Inspeksi ini mempunyai bobot total 60 ton, berbahan bakar HSD (High Speed Diesel) dengan kapasitas volume 700 liter, dan mempunyai puncak kecepatan 90 km/jam.

"Diharapkan dengan kehadiran kereta inspeksi ini, bisa menjadi salah satu sarana dalam peningkatan kinerja management PT KAI dalam peningkatan keselamatan perjalanan kereta api dan pelayannya," tandasnya.(chi/jpnn)


Satu set KA Inspeksi terdiri dari dua kereta diesel ini sebelumnya pernah beroperasi KA Sriwedari dan pernah bertugas sebagai KA Kedung sepur.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News