Kerusakan Jalan Capai Miliaran Rupiah

Kerusakan Jalan Capai Miliaran Rupiah
Kerusakan Jalan Capai Miliaran Rupiah
SLAWI - Keberadaan proyek galian pipa Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB) Jateng di Kabupaten Tegal, merusak infrastruktur jalan di sejumlah wilayah yang dilalui pipa tersebut. Bahkan akibatnya, kerugian yang di alami daerah ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Hal itu akibat hampir semua jalan sepanjang 30 kilometer yang dilalui pipa itu rusak.  ”Sejumlah ruas jalan dimaksud mulai dari Lebaksiu hingga perbatasan Kota Tegal mencapai 30 kilometer untuk dua jalur, kondisinya rusak,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Tegal, Sudaryono melalui Kabid Bina Marga, M Tulus Setyobudi, Rabu (13/2).

Dikatakan Tulus, dua jalur proyek galian pipa PDAM, yakni jalur pertama mulai Lebaksiu-Slawi-Adiwerna-Talang -Dukuhturi-Kota Tegal sepanjang 15 kilometer, dan jalur kedua dari mulai Lebaksiu-Gumayun-Kota Tegal sepanjang 15 kilometer. Sedangkan, galian pipa yang memotong jalan mencapai 50 titik. Akibatnya kerugian mencapai miliaran rupiah akibat galian pipa itu.

Menurut dia, guna perbaikan jalan Singkil-Tegalwangi dianggarkan Rp 2 miliar, dan jalur Suroso-Lebakgoah Rp 3 miliar. Anggaran itu dialokasikan untuk perbaikan yang rusak akibat galian pipa. Anggaran yang dialokasikan dalam APBD murni Kabupaten Tegal tahun 2013 itu, baru dilakukan perbaikan sebagian jalan yang rusak. Padahal masih banyak jalan yang rusak akibat galian pipa PDAB.  ”Padahal seharusnya tanggung jawab kerusakan ditanggung pihak PDAB,” tegasnya. 

SLAWI - Keberadaan proyek galian pipa Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB) Jateng di Kabupaten Tegal, merusak infrastruktur jalan di sejumlah wilayah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News