Kesadaran Menurun, Kepala Putra Dibedah Lagi

Kesadaran Menurun, Kepala Putra Dibedah Lagi
Kesadaran Menurun, Kepala Putra Dibedah Lagi
SURABAYA - Ramdan Aldil Saputra alias Slamet Hadi Syahputra kemarin siang (13/5) kembali menjalani operasi otak. Itu merupakan operasi otak ketiga yang dijalani bocah berumur 3,5 tahun tersebut dalam dua pekan terakhir. Operasi yang dikerjakan dua ahli bedah otak senior, dr Joni Wahyuhadi SpBS (K) dan Dr dr Muhammad Arifin Parenrengi SpBS (K), serta ahli bedah vaskuler dr Heroe Soebroto SpBTKV (K) itu berlangsung selama satu setengah jam, pukul 13.35 hingga 15.10.

Operasi berlangsung di kamar operasi nomor 609 Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSUD dr Soetomo. Di ruang operasi itulah, 24 April lalu, liver Ny Sulistyowati, ibu Putra (panggilan baru Ramdan) dipotong untuk dicangkokkan ke anak laki-laki semata wayangnya tersebut. Salah seorang anggota tim penyambung liver baru itu adalah dr Heroe. Ahli bedah jantung dan pembuluh darah tersebut pada Januari lalu juga ikut mempelajari transplantasi liver di Tianjin, Tiongkok.

Keputusan operasi itu diambil setelah melihat hasil CT-scan kemarin siang. Dari hasil CT-scan tersebut, terlihat adanya peningkatan volume cairan di ventrikel (bagian dalam) otak Putra. Hal itu mengakibatkan naiknya tekanan dalam otak anak pasangan guru di Trenggalek tersebut. Setiap hari, otak manusia mampu memproduksi sekitar 500 cc cairan otak (liquor cerebrospinalis). Di antara jumlah tersebut, hanya sekitar 125 cc yang tetap berada dalam otak. Sisanya dibuang ke sistem peredaran darah melalui lubang-lubang yang sangat kecil pada dinding ventrikel otak.

Nah, perdarahan pada otak kiri Putra pada Selasa lalu (11/5) ternyata mendesak ventrikelnya. Meski perdarahannya langsung mandek, gumpalan darah (clots) yang terbentuk karena kejadian tersebut diperkirakan menghalangi lubang-lubang yang berfungsi membuang kelebihan liquor cerebrospinalis. Karena itu, cairan yang seharusnya terbuang tersebut tetap mengumpul dalam ventrikel dan mendesak bagian otak yang mengelilinginya.

SURABAYA - Ramdan Aldil Saputra alias Slamet Hadi Syahputra kemarin siang (13/5) kembali menjalani operasi otak. Itu merupakan operasi otak ketiga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News