KESDM dan BI Saling Tukar Data dan Informasi

KESDM dan BI Saling Tukar Data dan Informasi
KESDM dan BI Saling Tukar Data dan Informasi
JAKARTA - Untuk saling memberikan data dan informasi terutama yang berkaitan dengan sektor energi dan moneter, Kementerian ESDM jalin kerjasama dengan Bank Indonesia (BI). Dengan adanya kerjasama tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas data dan informasi serta kebijakan yang dihasilkan, baik di bidang moneter maupun sektor energi dan sumber daya mineral.

Kerjasama itu ditandai dengan telah dilakukannya penandatanganan nota kesepahaman antara Menteri ESDM, Darwin Zahedy Saleh dengan Gubernur BI, Darmin Nasution di Kantor KESDM, Rabu (10/8). Menurut Darwin, dalam nota kesepahaman ini selain melakukan pertukaran data dan informasi, juga dilakukan kerjasama yang meliputi pembentukan forum koordinasi data dan informasi, peningkatan sumber daya manusia.

"Dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, dapat dilakukan kerjasama dan koordinasi seperti pelatihan, magang, seminar, lokakarya, dan penelitian bersama," ucap Darwin.

Dikatakan Darwin, sektor ESDM memiliki peran penting yang mempengaruhi tiga indikator utama ekonomi Indonesia, yaitu indikator fiskal, moneter, dan sektor riil. Untuk indikator fiskal katanya, sektor ESDM menyumbang terhadap penerimaan negara, tapi di saat bersamaan menjadi komponen pengeluaran negara yaitu untuk subsidi energi.

JAKARTA - Untuk saling memberikan data dan informasi terutama yang berkaitan dengan sektor energi dan moneter, Kementerian ESDM jalin kerjasama dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News