Kesempatan Penyandang Disabilitas Terbuka Lebar di Seleksi CASN 2021

Senin, 14 Juni 2021 – 21:54 WIB
Kesempatan Penyandang Disabilitas Terbuka Lebar di Seleksi CASN 2021 - JPNN.com
Suasana tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Sabtu (22/2/2020). (ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI)

jpnn.com, JAKARTA - Penyandang disabilitas diberi kesempatan seluas-luasnya untuk mengikuti seleksi penerimaan aparatur sipil negara (CASN) 2021 baik CPNS maupun PPPK.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memastikan seleksi akan dilakukan secara transparan.

"Diberikan kesempatan seluas-luasnya (bagi penyandang disabilitas) apabila memang memiliki kualifikasi, kompetensi dan sesuai dengan persyaratan jabatan,” ujar Pelaksana tugas (Plt) Asdep Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur KemenPAN-RB Katmoko Ari Sambodo, dalam keterangannya di Jakarta, Senin (14/6).

Pada 2021, pemerintah menetapkan kebutuhan PNS menjadi dua, yaitu formasi umum dan formasi khusus.

Pada formasi khusus juga terdapat kuota bagi penyandang disabilitas.

Tidak hanya pada formasi khusus saja, Katmoko menerangkan bahwa penyandang disabilitas juga bisa melamar di formasi umum atau formasi khusus lainnya, selain formasi penyandang disabilitas.

"Untuk penyandang disabilitas ada 2 jenis bisa melamar di formasi khusus penyandang disabilitas, namun juga tidak menutup kemungkinan penyandang disabilitas juga melamar di formasi umum atau di formasi khusus lainnya selain disabilitas," kata dia.

Instansi pusat dan daerah wajib mengalokasikan paling sedikit 2 persen untuk kebutuhan khusus penyandang disabilitas dari total alokasi kebutuhan PNS.

Sumber ANTARA

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...