Ketabahan Ance Thahir, Warga Negara Belanda Menghadapi Hukuman Mati

Ketabahan Ance Thahir, Warga Negara Belanda Menghadapi Hukuman Mati
Ketabahan Ance Thahir, Warga Negara Belanda Menghadapi Hukuman Mati. Tamapk seorang aparat berjaga-jada di Kedubes Belanda untuk Indonesia. Foto JPNN.com

jpnn.com - NUSAKAMBANGAN - Ance Thahir merupakan salah satu nama alias dari Ang Kim Soei adalah warga negara Belanda yang sudah dieksekusi di Nusakambangan, Jawa Tengah, Minggu (18/1) dini hari WIB. Bersama lima terpidana mati lainnya, nyawa Ance berakhir di timah panas eksekutor.

Pria kelahiran Papua berusia 62 tahun itu memiliki banyak nama alias. Selain Ance Thahir, ada pula Kim Ho, dan Tommi Wijaya. Dia dijuluki Raja Ekstasi Ciledug karena dia ditangkap di pabrik ekstasi miliknya yang ada di kawasan Cipondoh, Ciledug, Tangerang, pada 2002.

Wartawan Jawa Pos (induk JPNN.com), Ilham Wancoko sempat merekam suasana ruang isolasi di Lapas Besi, tempat Ance Thahir ditahan sebelum dieksekusi pada Rabu malam lalu (14/1). Ilham dibantu pengacara Kedutaan Besar Brasil Utomo Karim dan mewawancarai secara eksklusif Ance Tahir.

Sekitar pukul 19.00, Ance Thahir dengan dikawal empat sipir meninggalkan lapas Pasir Putih. Dengan tangan diborgol, dia berjalan santai. Mengenakan kaos berwarna merah, raut mukanya tampak tenang.  
       
Begitu sampai di ruang tunggu, sipir menyelipkan sebuah amplop surat berwarna coklat di saku kaosnya. "Ini Ang Kim Soei, mana perwakilan Kedutaan Besar Belanda," tanya salah satu sipir.

Ance tampak tabah menghadapi ancaman maut. Setelah menjalani sidang pemberitahuan tentang eksekusi yang akan dilakukan Minggu (18/1), dia langsung masuk ke dalam sel isolasi. Tatapannya lalu menerawang ke luar sel sambil kedua tangannya memegangi jeruji besi.
       
Di bawah sinar lampu neon yang terang, mukanya tampak sedih. Namun, tidak menunjukkan emosi yang berlebih. Tampak sekali, dia sudah menerima rencana eksekusi dirinya. Saat itu, seorang sipir mendatanginya.  
       
"Pak, saya pamit ya. Maafkan jika ada kesalahan selama ini," kata sipir tersebut kepada Ance. Keduanya lalu berjabat tangan dan sipir itu pergi keluar dari Lapas Besi. (awa/jpnn)


NUSAKAMBANGAN - Ance Thahir merupakan salah satu nama alias dari Ang Kim Soei adalah warga negara Belanda yang sudah dieksekusi di Nusakambangan,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News