JPNN.com

Ketahui 5 Alasan NonDiet Penyebab Berat Badan Melonjak

Minggu, 13 Januari 2019 – 06:14 WIB Ketahui 5 Alasan NonDiet Penyebab Berat Badan Melonjak - JPNN.com

jpnn.com - Sudah disiplin diet selama sebulan, tapi ketika menimbang berat badan justru menunjukkan kenaikan hingga 2 kg! Faktanya, kadang naiknya berat badan bukan akibat dari pola makan atau seberapa sering Anda berolahraga. Nyatanya, ada beberapa alasan non diet penyebab berat badan Anda melonjak.

Di bawah ini merupakan lima faktor yang tidak berhubungan dengan diet yang bisa menggagalkan program diet Anda, sekaligus melonjakkan berat badan:

1. Kurang tidur atau terlalu lama tidur

Selain olahraga dan asupan nutrisi yang seimbang, cukup tidur memang merupakan aspek penting dalam mempertahankan berat badan yang ideal. Durasi tidur yang memiliki risiko menimbulkan kenaikan berat badan hingga bisa akibatkan kegemukan atau obesitas adalah durasi pendek, yaitu 5-6 jam. Akan tetapi, durasi tidur yang panjang, 9-10 jam atau lebih juga meningkatkan risiko seseorang menjadi gemuk.

Besar risiko terjadinya obesitas pada seseorang yang tidur dengan durasi pendek adalah sebesar 27 persen, sedangkan untuk yang tidur dengan durasi panjang adalah sebesar 21 persen (Chaput et al, 2007). Jadi, sebenarnya risiko kegemukan meningkat baik dengan jam tidur yang kurang maupun dengan jam tidur yang lebih panjang dari anjuran.

Dilansir dari Prevention, Isabel Maples, RD, dari Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan bahwa ketika seseorang kurang tidur, hormon berubah dan tubuh pun akan mengeluarkan hormon yang dapat membuat Anda lebih lapar (ghrelin) dan berkurangnya hormon yang membuat Anda merasa kenyang (leptin).

Ketika Anda lelah, seperti kerja lembur, Anda mungkin akan mencari makanan manis dan berlemak untuk membuat Anda tetap terjaga. Ini dapat meningkatkan asupan kalori keseluruhan.

2. Stres

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...