Ketahui 5 Kesalahan Saat Memasak Ayam

Ketahui 5 Kesalahan Saat Memasak Ayam
Daging ayam di pasar. Foto: dok jpnn

jpnn.com - Ayam merupakan salah satu menu favorit bagi sebagian besar masyarakat. Selain karena harganya terjangkau, memasak ayam juga cukup mudah serta memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan.

Seperti yang sudah banyak diketahui, daging ayam adalah sumber protein yang baik. Dilansir dari Verywell Fit, dada ayam misalnya, selain mengandung protein, juga rendah lemak dan rendah sodium. Dada ayam juga makanan rendah karbohidrat, sehingga mudah dimasukkan ke dalam diet sehat.

Perhatikan cara memasak Anda

Kelezatan dan manfaat sehat daging ayam bisa saja berkurang ketika Anda salah dalam pengolahannya, misalnya terlalu kering atau bahkan kurang matang. Oleh karena itu, sudah sepatutnya Anda mengetahui dan menghindari beberapa kesalahan dalam cara memasak daging ayam.

Nah, dilansir dari Reader’ Digest, ada lima kesalahan yang sering terjadi saat memasak ayam. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Memasak ayam terlalu sebentar atau lama

Tidak ada yang suka dada ayam setengah matang karena berpotensi mengandung beragam bakteri. dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter mengatakan, “Ketimbang ikan dan sapi, daging ayam dan jenis unggas lainnya memang harus dimasak sampai benar-benar matang.”

Dia menambahkan, “Pengolahan daging ayam sampai matang itu bertujuan untuk mematikan segala virus yang masih tertinggal.” Tak cuma dagingnya, telur ayam pun sebenarnya harus dimasak hingga matang untuk mencegah infeksi bakteri. 

Selain karena harganya terjangkau, memasak ayam juga cukup mudah serta memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News