Ketahui 5 Tanda Kulit Alami Dehidrasi

Ketahui 5 Tanda Kulit Alami Dehidrasi
Ilustrasi kulit. Foto: Pixabay

jpnn.com - Berjuta-juta wanita di dunia mengalami kulit dehidrasi akibat pengaruh lingkungan. Kulit dehidrasi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurangnya asupan cairan, kulit terbakar sinar matahari, penggunaan produk pembersih wajah, minum alkohol, dan merokok.

Selain itu, proses penuaan alami juga bisa menyebabkan kelembapan kulit berkurang. Akibatnya, terjadilah kulit dehidrasi.

Kulit dehidrasi berbeda dengan kulit kering

Kulit yang mengalami dehidrasi terasa tertarik dan tidak nyaman, terlihat kusam, kasar, berisisik, atau kemerahan. Dapat juga muncul garis-garis halus di area sekitar mata. Kulit dehidrasi bisa terlihat kering, tetapi berbeda dengan memiliki kulit kering.

Ya, kulit dehidrasi banyak disamakan dengan kulit kering, padahal keduanya berbeda. Jika kulit kering kekurangan minyak, sedangkan kulit dehidrasi terjadi ketika jumlah air yang masuk ke tubuh tidak optimal. Dehidrasi ini bisa dialami oleh tipe kulit apa pun, baik kulit kering hingga kulit berminyak.

Jadi, secara singkat kulit kering terjadi karena kekurangan minyak di kulit, sementara kulit dehidrasi akibat kekurangan air.

Tanda dan gejala kulit dehidrasi

Terkadang memang agak sulit membedakan antara kondisi kulit kering dengan kulit dehidrasi. Namun, ada beberapa hal yang bisa membantu memudahkan Anda mengenali tanda kulit dehidrasi, antara lain:

Kulit dehidrasi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurangnya asupan cairan, kulit terbakar sinar matahari.

Sumber Klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News