Ketahui Apa Saja Penyebab Migrain Menyerang

Ketahui Apa Saja Penyebab Migrain Menyerang
Ilustrasi - Sakit kepala sebelah atau migrain. Sebuah penelitian menyebut berisiko tinggi terserang demensia. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Kalau sudah terserang migrain, mau bangun dari tempat tidur pun susah. Pasalnya, nyeri kepala karena migrain bisa berlangsung selama berjam-jam, bahkan seharian. Penyebab masalah kesehatan ini bisa bermacam-macam. Mari ketahui apa saja pemicunya.

Meski bukan termasuk penyakit yang mematikan, migrain bisa menganggu aktivitas Anda selama seharian.

Penyebab migran

Banyak sekali yang bisa menyebabkan migrain pada diri Anda. Akan tetapi, penyebab pada setiap orang tentu berbeda. Hal tersebut dapat berasal dari dalam ataupun dari luar tubuh. 

Penyebab dalam tubuh dapat berupa peradangan. Selain itu, bisa juga karena keadaan pembuluh darah di otak yang nantinya akan merangsang timbulnya rasa nyeri terutama pada kepala, wajah, atau leher.

Dapat pula disebabkan oleh stres, gangguan tidur, atau pengaruh hormon. 

Sedangkan, penyebab yang berasal dari luar tubuh dapat berupa keadaan cuaca, gerakan tubuh, suara bising, makanan, atau minuman beralkohol. 

Hal yang diutamakan dalam penanganan migrain adalah segera meredakan nyeri yang terjadi dan mencegah kekambuhan. Pemilihan obat yang digunakan pun ternyata tidak sembarangan. 

Meski penyakit ini tidak mematikan, jangan disepelekan bila Anda menderita penyakit migrain.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News