Ketahui Manfaat Minum Susu Hangat

Ketahui Manfaat Minum Susu Hangat
Ilustrasi susu. Foto: Y. Photo Studio/Shuttterstock

jpnn.com - Sudah menjadi rahasia umum bahwa susu merupakan sumber kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tak hanya itu, susu pun digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat aneka olahan lezat, seperti kue ataupun makan lainnya.

Saat udara terasa panas dan Anda membutuhkan minuman segar yang sekaligus bergizi, susu dinginlah jawabannya.  Tapi, ternyata minum susu hangat juga memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh, lho.

Dilansir dari Livestrong, susu yang disajikan dengan suhu hangat lebih mampu menonjolkan rasa dari susu itu sendiri, sehingga terasa lebih nikmat. Bukan cuma soal rasa, kandungan nutrisi, seperti protein dan kalsium, biasanya masih lebih banyak terkandung pada susu bersuhu hangat dibandingkan dengan susu yang telah didinginkn atau diberi es batu.

Manfaat susu hangat rendah lemak

Susu rendah lemak mengandung sedikit kalori, yaitu 83 kalori per cangkirnya. Nah, apabila Anda sedang menjalankan program diet, minum segelas susu hangat yang rendah lemak bisa dijadikan pilihan tepat!

Kalori dari susu ini berasal dari campuran protein dan karbohidrat yang sehat. Setiap cangkir susu hangat pun mengandung 12 gram gula alami yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk otot dan otak Anda. 

Sedangkan, 8 gram proteinnya yang juga mengandung asam amino, berguna untuk membantu pertumbuhan sel dan jaringan tubuh.

Kandungan protein pada susu hangat sangat penting untuk memelihara jaringan otot dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Nah, jika Anda tak mau mudah terserang penyakit saat musim hujan, lebih baik minumlah segelas susu hangat ketimbang menyantap satu mangkok mi instan.

Saat udara terasa panas dan Anda membutuhkan minuman segar yang sekaligus bergizi, susu dinginlah jawabannya. Tapi, ternyata minum susu hangat lebih baik.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News