Ketahui Penyebab Kulit Menjadi Kering

Ketahui Penyebab Kulit Menjadi Kering
Ilustrasi. Kulit wajah. Foto SukaLive

jpnn.com - Banyak orang beranggapan merawat kulit kering cukup menyulitkan. Salah-salah, kulit bisa semakin kering hingga mengganggu penampilan. Padahal, perawatannya tak sesulit yang dipikirkan, yang terpenting, Anda melakukannya secara teratur dan sesuai.

Seperti Anda tahu, kulit memiliki fungsi penting bagi tubuh. Misalnya, membantu menjaga kestabilan suhu tubuh, melindungi tubuh dari berbagai macam kuman dan menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Itulah sebabnya, penting bagi Anda untuk mengetahui cara merawat kulit kering serta menjaga kesehatan kulit.

Kondisi Kulit Kering yang Sering Terjadi

Setiap orang memang memiliki jenis kulit yang berbeda, tapi kulit yang sehat umumnya akan tampak segar, lembap, elastis, serta bebas dari rasa gatal, terkelupas, atau perih. Untuk mendapatkan kulit yang sehat bukanlah hal yang mudah. Sering kali ada masa di mana kulit menjadi bermasalah. Salah satu hal yang umum terjadi adalah kulit kering.

Kondisi ini ditandai dengan kulit terasa kencang atau tertarik, yang umumnya terjadi setelah mandi, kulit tampak berkerut, kusam, kasar, dan kadang terasa gatal. Dalam kondisi yang cukup berat, kulit kering bisa disertai kemerahan, tanda peradangan, dan terkelupas.

Kondisi ini dapat dialami oleh siapa saja, mulai dari anak hingga orang tua, tanpa memandang jenis kelamin atau jenis kulit. Meski demikian, ada beberapa kelompok orang yang lebih rentan mengalami kulit kering, yaitu usia tua (lebih dari 65 tahun) serta tinggal di daerah kering dan dingin.

Penyebab Kulit Menjadi Kering

Jika asal, salah-salah, kulit bisa semakin kering hingga mengganggu penampilan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News