Ketahui Penyebab Speech Delay pada Anak

Ketahui Penyebab Speech Delay pada Anak
Ilustrasi anak. Foto: Antara

jpnn.com - Speech delay atau keterlambatan bicara adalah kondisi kemampuan bicara anak yang tidak berkembang sesuai dengan usianya. Gangguan perkembangan ini cukup umum ditemui. Diperkirakan, 1 dari 10 anak usia prasekolah akan mengalami keterlambatan bicara. Karena mungkin saja ini terjadi pada si Kecil, orang tua perlu tahu apa saja penyebab speech delay pada anak berikut tanda-tandanya.

Tanda-tanda anak mengalami speech delay
Orang tua harus waspada jika menemukan tanda-tanda keterlambatan bicara pada anak seperti di bawah ini:

  • Anak tidak mampu mengucapkan kata sederhana (misalnya “mama” atau “papa”) saat berusia 12-15 bulan
  • Anak tidak bisa memahami kata sederhana (misalnya “jangan”) saat berusia 18 bulan
  • Anak tidak bisa berbicara dalam kalimat pendek (3-4 kata) saat berusia 3 tahun
  • Anak tidak mampu bercerita secara sederhana saat berusia 4-5 tahun

Kenali faktor penyebab speech delay

Selain mengenali gejala speech delay, Anda sebaiknya juga mengetahui penyebab gangguan perkembangan ini agar dapat melakukan pencegahan dan penanganan sedini mungkin. Kemungkinan penyebabnya antara lain:

1. Ada gangguan pendengaran

Salah satu penyebab yang mudah ditemukan, tapi sering kali terlupakan, adalah gangguan pendengaran. Misalnya, anak mengalami infeksi kronis di telinganya. Jika anak tidak dapat mendengar dengan baik, maka akan sulit baginya untuk mempelajari kata-kata yang diperlukan untuk berbicara. Otomatis, ia mengalami keterlambatan bicara.

2. Ada gangguan perkembangan bicara dan bahasa 

Penyebab lainnya adalah gangguan perkembangan bicara dan bahasa, yang juga termasuk penyebab umum speech delay pada anak. Pada kondisi ini, otak anak bekerja dengan cara yang berbeda dari anak lainnya, sehingga menimbukan permasalahan bicara. 

Anak Anda belum bicara selayaknya teman sebayanya? Bisa jadi dia mengalami speech delay. Apa saja, sih, faktor penyebabnya?

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News